Bupati Balangan Abdul Hadi memberikan tanggapan terhadap pandangan fraksi DPRD Balangan tentang Raperda Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Anggota DPRD Balangan Muhammad Rusdin Barhiwan mewakili fraksi DPRD Balangan menyampaikan, perlunya peningkatan sumber daya alam terutama pada aspek kearifan lokal.

"Terobosan baru dalam mencari sumber-sumber pendapatan asli daerah masih memungkinkan untuk dilakukan peningkatan SDA terutama pada aspek kearifan lokal ini," ucap Rusdin dalam rapat paripurna di DPRD Balangan, Kamis.

Dia melanjutkan, ada beberapa hal yang menjadi catatan dari fraksi-fraksi berkenaan dengan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

"Yaitu penyusunan rencana anggaran belanja untuk penganggaran ke depan bisa lebih optimal, sehingga apa yang menjadi program prioritas pemerintah sekarang bisa benar-benar terlaksana sebagaimana yang diharapkan," ujarnya.

Sementara Bupati Balangan Abdul Hadi, usai rapat paripurna mengungkapkan minimnya penyerapan anggaran karena disebabkan oleh beberapa faktor. 

"Di antaranya yaitu pada Bulan Desember lalu kita dihadapkan bencana banjir sehingga banyak pihak ketiga yang ingin mengerjakan proyek perlu bahan-bahan, tetapi terkendala karena kondisi alam," kata Abdul Hadi.

Ke depan tambahnya, pihaknya bersama sekretaris daerah akan selalu melakukan asesmen sehingga serapan anggaran benar-benar menjadi fokusnya, serta para pejabat akan selalu pihaknya evaluasi.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022