Amuntai, (Antaranews.Kalsel)  - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Amuntai salah satu sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan yang beruntung karena pemerintah daerah setempat sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk mempersiapkan sekolah ini meraih Adiwiyata Nasiomal 2015.

 

Kepala Kantor Pengelolaan Lingkungan Hidup (KPLH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan, Hermani Johan di Amuntai, Jum'at, mengatakan bantuan Pemerintah Daerah HSU untuk melengkapi fasilitas dan sarana prasarana SMK 2 Amuntai totalnya diperkirakan mencapai sekitar Rp1,5 M.

"Begitu SMK 2 berpeluang diusulkan sebagai sebagai Sekolah Adiwiyata di tingkat nasional, tentunya Pemkab Hulu Sungai Utara membantu melengkapi fasilitas dan sarana yang jika dijumlahkan anggarannya mencapai sekitar Rp1,5 miliar," ujar Hermani.

Hermani mengatakan bantuan pemerintah daerah kepada Sekolah Adiwiyata ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan.

Ia mengakui anggaran yang harus digelontorkan pemerintah daerah memang cukup besar, namun manfaat yang bisa diraih dari keberadaan Sekolah Adiwiyata ini kedepan juga sangat besar.

Sekolah Adiwiyata ini, kata Hermani selain naik pamor menjadi sekolah favorit para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka, juga menjadi percontohan bagi sekolah lain untuk meningkatkan kualitas menjadi Sekolah Adiwiyata.

"Pada sekolah Adiwiyata diharapkan lahir generasi yang peduli dan mencintai lingkungan dan kebersihan, mereka juga diajarkan cara memanfaatkan sampah dan limbah,” tuturnya`

Bahkan, lanjutnya Sekolah Adiwiyata selalu dituntut meningkatkan kualitas pendidikan jika ingin meningkatkan status Adiwiuyata kejenjang yang lebih tinggi mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional, mandiri hingga tingkat ASEAN.

Hermani mencontohkan, satu-satunya lembaga pendidikan di Kalsel yang sudah mencapai tingkat Adiwiyata ASEAN adalah SMP 4 Martapura Kabupaten Banjar, dimana guru dan siswa pandai berbahasa Inggris.

"Kita juga berharap Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa mendorong kemajuan kualitas pendidikan didaerah kita, diantaranya membentuk karakter generasi muda yang peduli dan cinta kebersihan lingkungan," pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016