Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Banjarmasin meminta dana pusat untuk membangun kawasan Pasar Lama sebagai pusat perbelanjaan pasar rakyat modern.


Kepala Disperindag Kota Banjarmasin Esya Zain, di Balaikota, Rabu, menyatakan, untuk membangun Pasar Lama menjadi pasar rakyat modern diperlukan dana sangat besar, yakni, sekitar Rp35 miliar, hingga perlu bantuan pemerintah pusat.

"Disperindag akan mengajukan proposal tahun depan (2017) ke Kementerian Perdagangan RI untuk meminta bantuan pembenahan total Pasar Lama ini," ujarnya.

Diharapkan, ucap Esya, Pasar Lama yang merupakan pasar sangat tua di tanah Ibu Kota Provinsi ini bisa mulai dibenahi pada 2018.

Dia meyakini, pemerintah pusat akan bisa membantu pembangunan menyeluruh Pasar Lama ini, sebab kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini sangat memperhatian keberadaan pasar tradisional atau pasar rakyat.

"Sekarang inikan pemerintah kota terus berupaya melakukan pembebasan lahan dan bangunan di sekitar pasar itu," ujarnya.

Menurut dia, pembenahan Pasar Lama yang berada di jantung kota ini baiknya dilakukan pemerintah, tidak mengundang investor swasta melakukannya, sebab akan bisa bermasalah nantinya.

"Pasar Lama ini adalah aset pemerintah daerah yang sangat berharga, jangan sampai jatuh ketangan swasta, sebab akan sulit nantinya bagi perekonomian masyarakat, utamanya usaha kecil dan menengah," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Hermansyah menyatakan, pemerintah kota sudah berkometmen akan melakukan pembenahan Pasar Lama secara total dengan berencana meratakan gedung lama untuk dibangun gedung baru.

"Selain itu, membersihkan kawasan pasar dari bangunan, utamanya yang berada di bantaran sungai Martapura, sebab akan dihidupkan kembali nantinya pelabuhan di wilayah itu," bebernya.

Dia pun mengatakan, rencana pemerintah kota ini sudah mulai dilaksanakan dengan menganggarkan dana pembebasan lahan hingga Rp9 miliar tahun ini.

"Kita harap tahun ini pembebasan lahan di wilayah Pasar Lama itu tidak gagal lagi, sehingga kita minta dukungan semuanya, terutama warga sekitar pasar demi kemajuan pasar itu sendiri," ungkapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016