Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, H. M Zairullah Azhar mengajak seluruh panitia kurban dan masyarakat agar dapat mengurangi penggunaan kantong plastik saat membagikan daging kurban.

"Pengurangan ini untuk menghindari adanya potensi penimbunan sampah plastik di lingkungan masjid saat dilakukan penyembelihan hewan kurban," kata Zairullah di Batulicin Selasa.

Ia menjelaskan, bahwa Tanah Bumbu sudah menerbitkan Surat Edaran Nomor : B/660.2/3347/DLH-PSLB3.1.Bup/VI/2022 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik.

Seluruh panitia kurban dan masyarakat agar tidak meninggalkan sampah dilokasi yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan sholat dan untuk kegiatan lainnya yang masih dalam rangkaian perayaan hari raya Idul Adha agar dapat meminimalisir timbunan sampah.

Selain itu, panitia pelaksanaan kurban juga dihimbau untuk menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungan ditempat penampungan dan pemotongan hewan kurban.

Kemudian, dalam hal pelaksanaan distribusi hasil pemotongan hewan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban.

"Sebagai penggantinya bisa menggunakan daun pisang/daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia didaerah masing-masing yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah," pintanya.

Dirinya juga menghimbau agar para penerima daging kurban membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil daging kurban.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu, Mahriyadi Noor menambahkan kebiasaan yang terjadi di masyarakat selama ini, pelaksanaan pembagian dan pendistribusian daging kurban yang menggunakan kantong plastik sekali pakai berpotensi meningkatkan timbunan sampah plastik.

"Hal ini dapat menimbulkan pencemaran lingkungan karena sifat sampah plastik yang tidak mudah terurai dan bersifat karsiogenik," ujarnya.

Dengan semangat untuk menjaga kondisi tetap minim sampah dengan mengantisipasi lonjakan sampah plastik dan menjaga lingkungan hidup tetap bersih juga sehat, maka panitia kurban disarankan mengganti kantong plastik dengan wadah yang sapat didaur ulang.
Bupati Tanah Bumbu ajak panitia kurban kurangi pengunaan plastik (Antaranewskalsel/Diskominfo.)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022