Fun Camping, toko rental perlengkapan outdoor ternama di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, laris orderan saat hari libur.

Kasir Fun Camping, Dian, mengatakan toko rental di tempatnya bekerja sejak saat pelonggaran protokol COVID-19 di Indonesia mulai ramai kembali didatangi oleh para traveler.

"Setiap Jumat sampai Sabtu stock rental, khususnya tenda, kerap habis disewa. Untuk sewa kita punya 100 buah lebih," ujarnya.

Harga sewa, kata dia, tergantung paket yang dipilih, makin mahal makin banyak juga item yang bisa didapat.

"Mulai harga Rp75-200 ribu. Item ada macam-macam, mulai dari tenda, matras, nesting, sleeping bag hingga lampu," ujarnya.

Pilihan para traveler beragam, kata dia, ada yang memilih untuk satuan item ataupun paket, tergantung kebutuhan.

Rata-rata, ujar Dian, para penyewa lebih dominan memilih yang paket, karena harga lebih hemat dan sewa untuk per rombongan.

"Penyewa juga beragam, kalau diklasifikasi ada pelajar, mahasiswa dan kalangan keluarga. Kebanyakan dari kalangan mahasiswa, ada yang per kelompok dan juga per pasangan," ujarnya.

Selain hari Jumat atau Sabtu, kata dia, rental bisa turun sekitar 70 persen. Jadi, momentum ramainya rental pada saat hari tertentu saja.

Peningkatan mulai terlihat, katanya, sejak awal tahun lalu, dan sekarang mulai kembali normal seperti sebelum adanya COVID-19.

Siklus kondisi tersebut, kata Dian, beriringan setelah tempat-tempat wisata yang sebelumnya ditutup karena COVID-19 dibuka kembali.

"Dari data rental kami, tujuan wisata yang paling mendominasi adalah ke wilayah pantai," ujar pemuda itu.

Salah seorang penyewa, Mia saat mengembalikan perlengkapan yang dirental mengatakan, pantai yang dikunjunginya ramai wisatawan.

"Saya berangkat bersama bestie-bestie (sahabat). Iya, asik banyak sekali orang di pantai Asmara (Kabupaten Tanah Laut) liburan," ujarnya saat di Fun Camping.

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022