PAI Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama PAI Kalsel hadir di Festival Loksado 2022 dengan memamerkan anggrek-anggrek spesies khas Pegunungan Meratus.

Ketua DPD PAI Kalsel Hj. Arinda Dian Susanti mengatakan pengurus dan anggota PAI HSS dan PAI Kalsel ikut serta memeriahkan Festival Loksado yang masuk dalam 100 program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) . 

PAI HSS, yang didukung PAI Kalsel, menampilkan anggrek-anggrek spesies Kalimantan seperti Anggrek Tebu, Anggrek Bulan Meratus, Anggrek Hitam, Anggrek Vanda dearie, Anggrek kantong semar Paphiopedilum Lowii dan Paphiopedilum Supardii, Anggrek belina, anggrek dendrobium takahash, anggrek bulbopyllum dearei, anggrek Paraphalenopsis labu kensis dan masih banyak lagi.

"Kita ketahui bersama Loksado termasuk dalam kawasan Pegunungan Meratus yang menyimpan anggrek spesies Kalimantan, atau dalam kata lain Loksado merupakan salah satu sarang anggrek spesies Kalimantan," kata Dian, yang dikenal sebagai pengusaha perumahan tersebut.  

Semua itu tentu perlu dijaga kelestariannya, dan bentuk upaya DPD PAI Kalsel bersama DPC PAI HSS dalam menjaga kelestarian anggrek spesies adalah membangun taman konservasi anggrek Loksado.

Upaya ini merupakan salah satu bentuk konservasi anggrek Loksado, tambahnya, seraya menyebutkan terkait pembiayaan atau pendanaan dalam pembuatan Taman Konservasi anggrek spesies tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi sampai ke tingkat kabupaten.

Selain itu perlu menggandeng stakeholder, seperti perusahaan swasta dalam pengelolaan dana CSR untuk kelestarian anggrek spesies ini, tandas Dian dalam siaran pers yang diterima Antara Kalsel, Ahad.

Sementara itu, rombongan DPD PAI Kalsel tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan kawasan Pegunungan Meratus Loksado dengan menyusuri Sungai Amandit dengan menggunakan bamboo rafting (rakit bambu tradisional) sebagai alat transportasi air khas masyarakat Dayak Loksado.

Kedekatan Hj. Aida Muslimah Rosehan Ketua DPD PAI Kalsel periode sebelumnya dan sekarang sebagai penasehat DPD PAI Kalsel dengan Ketua DPD PAI Kalsel periode 2022-2027 menarik perhatian..
Ketua PAI Kalsel. (Antaranews Kalsel/Hasan Z)


Pasalnya dua perempuan hebat Banua ini berada dalam satu rakit mengarungi Sungai Amandit dalam wisata bamboo rafting alias arung jeram yang sesekali bergelombang sehingga menaikkan adrenalin saat berada di atas rakit bambu yang dikemudikan sang joki dari depan menggunakan batang bambu sepanjang empat meter.  

Selama mengarungi Sungai Amandit dengan bamboo rafting rombongan DPD PAI Kalsel melewati bebatuan khas sungai dan pusaran air berarus deras menjadi sensasi tersendiri.

Perjalanan terasa singkat manakala keindahan alam Loksado dapat dinikmati dari Sungai Amandit dengan airnya yang jernih, khas dataran tinggi kawasan Pegunungan Meratus.

Aneka jenis bunga anggrek spesies Meratus yang menempel di batang pohon-pohon besar pun turut menghiasi indahnya alam Loksado,yang terus lestari menyambut antusias wisatawan yang datang silih berganti.

Aida Muslimah mengatakan bahwa di kawasan sungai Pegunungan Meratus Loksado dengan kondisi alam yang memang masih asri— tidak terlalu sulit menemukan anggrek.

"Jika mata cukup jeli dan melihat ke kiri dan ke kanan kita akan menemukan anggrek-anggrek alam yang tumbuh di tanah, di celah bebatuan, dan yang menempel di dahan pohon bersama jenis tanaman lain," kata Aida Muslimah.

Tak hanya itu, masyarakat Dayak Loksado juga banyak yang memelihara beragam anggrek sebagai tanaman hias.

Mereka menempelkannya atau menggantungkannya di teras rumah, terutama untuk jenis bulbopilum, salah satu jenis anggrek yang jumlahnya di kawasan itu masih banyak.

Pada kesempatan di Festival Loksado Hj. Aida Muslimah Rosehan selaku Ketua DPD PAI Kalsel periode sebelumnya dan saat ini menjadi salah satu penasehat DPD PAI Kalimantan Selatan mengucapkan selamat dan suksesnya atas terpilihnya Hj. Arinda Dian Susanti sebagai Ketua DPD PAI Kalsel

Berdasarkan hasil musyawarah daerah (Musda) dan Surat Keputusan Ketua Umum DPP Perhimpunan Anggrek Indonesia Rita Subowo, Aida Muslimah berharap mudah-mudahan bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan ia yakin kepada kepengurusan yang baru ini dengan didukung oleh semua pengurus yang ada akan menjadikan perhimpunan lebih berkembang, maju dan jaya.

Sebelumnya rombongan DPD PAI Kalsel di sambut oleh para pencinta anggrek di Kota Dodol ini yang bertempat di Sekretariat DPC PAI Hulu Sungai Selatan,dan langsung disuguhkan ketupat Kandangan dengan ikan haruan yang merupakan kuliner khasnya.
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022