Ketua komisi III DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, Deny Hendro Kurnianto mendukung pengembangan objek wisata Pantai Sekoyang di Desa Semisir Kecamatan Pulau Laut Tengah yang masuk sebagai objek wisata geopark meratus.

"DPRD tentu akan mendukung pemerintah daerah terkait pengembangan destinasi wisata geosite yang ada di desa Semisir, harapannya semoga bisa terealisasi sesuai rencana dan akan membawa dampak yang baik buat masyarakat sekitar," ujara Deny Indro di Kotabaru Jumat.

Ia mengungkapkan, pada tahun 2021 kalangan DPRD telah melakukan kordinasi tentang geosite yang ada di pantai sekoyang dengan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan terkait wacana pengembangan objek wisata tersebut.

banyak keunikan pada wisata tersebut salah satunya batuan rijang atau batu api ini terbentuk ratusan juta tahun yang lalu melalui proses alami.

Batuan jenis ini yang terletak di Pantai Sakoyang Desa Semisir Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru di kategorikan masuk dalam kawasan geopark meratus oleh gubernur Kalimantan Selatan yang merupakan sejarah peninggalan geologi tua.

Jarak Pantai Sekoyang dari ibu kota Kotabaru berjarak kurang lebih 75 Kilo Meter dapat di tempuh dengan perjalanan darat dengan memakan waktu kurang lebih satu jam dan alur yang dilewati berupa jalan aspal halus dengan lebar empat meter, jalan cor semen dan jalan pasir berlubang dapat dilewati oleh kendaraan bermotor.

"Kondisi Pantai Sekoyang saat ini masih utuh alami dan tidak tersentuh dengan hambaran berbatu karna posisi bebatuan tersebut di tepi pantai hingga menjorok ke arah laut dengan di kelilingi pasir putih dan saat air laut pasang sebagian batu tersebut tenggelam ke dalam air laut," pungkasnya.

Pewarta: Aqsin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022