Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Puluhan personel Polres Tabalong, Kalimantan Selatan, menjalani tes urine guna pemeriksaan dan pengawasan terhadap peredaran narkoba di kalangan personel.


"Tes urine itu dilaksanakan secara dadakan dan tidak ada satupun personel yang tau adanya kegiatan ini," ucap Kapolres Tabalong AKBP Zuhdi Batubara melalui Kasipropam Ipda I Made Janaloka di Tanjung, Rabu.

Ia mengatakan, ada sekitar 30 personel yang diperiksa urine atau air seninya. Mulai dari perwira hingga bintara semua menjalani pemeriksaan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pada Senin (25/1) pagi, setelah apel pagi dan mendapat pengarahan dari Kapolres Tabalong.

"Bukan hanya para bintara jajaran perwira mulai dari Kabasumda hingga para Kapolsek kami lakukan pemeriksaan urine," tuturnya.

Pemeriksaan urine itu tanpa pemberitahuan sebelumnya hal tersebut sengaja agar anggota yang terpilih tidak bisa melakukan antisipasi lebih dahulu.

"Tes urine ini secara rutin dilakukan dan ini baru gelombang pertama masih ada gelombang kedua dan itu akan dilaksanakan secara dadakan juga," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pemeriksaan tes urine itu bekerja sama dengan pihak Urdokkes Polres Tabalong.

Dari 30 personel yang menjalani tes tersebut hasilnya tidak ada satupun yang terdeteksi sebagai pengguna atau pemakai Narkoba.

"Kegiatan ini merupakan sarana kontrol pimpinan terhadap anggotanya agar dapat secara dini mencegah personel dari penyalahgunaan Narkoba," katanya. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016