Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Provinsi Kalimantan Selatan memantau talenta atlet muda yang ikut di Kejuaraan Direktur Poliban Cup 2022.

Ketua Perbasi Kalsel Ratana Arya Krisnan datang langsung mengikuti pembukaan kejuaraan di Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Ratana, kampus Poliban merupakan kampus yang aktif menyelenggarakan kejuaraan olahraga bola basket, konsistensi ini yang membuat pihaknya yakin banyak talenta atlet muda berbakat bisa muncul di kejuaraan ini.

Dia pun mengharapkan kejuaraan ini jadi agenda tahunan yang terus diselenggarakan, hingga para pelajar dan mahasiswa di provinsi ini memiliki kalender kejuaraan bergengsi yang patut ditunggu dan diikuti.

"Jadi tidak hanya menunggu DBL (Developmental Basketball League)," ujarnya.

DBL adalah kompetisi liga bola basket pelajar SMP dan SMA terbesar di Indonesia.

Ratana menyatakan, pembinaan atlet bola basket untuk mengasah kemampuan dan mental mereka memerlukan banyak kompetisi dan kejuaraan yang seperti ini.

Di mana dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa yang mengikuti kejuaraan ini akan menarik minat klub bola basket daerah merekrut yang terbaik diantaranya.

"Perbasi tetap merekrut atlet lewat jalur klub profesional di daerah, bukan berarti kami tidak melirik pebola basket siswa atau mahasiswa," ucapnya.

Memang, kata Ratana, ada usulan dari Perbasi pusat sendiri agar tim basket sekolah membuat klub, dengan nama lain identitas sekolah.

"Dengan ini kami bisa melakukan seleksi, entah nanti untuk Kejurnas dan event nasional lainnya," kata dia.

Tapi yang pasti di kejuaraan seperti Direktur Poliban Cup ini, ujar Ratana, banyak klub bola basket yang memantau, para atlet muda berbakat jadi incaran mereka.

Direktur Poliban Joniriadi menyampaikan, kejuaraan Direktur Poliban Cup ini diselenggarakan dari 15 Juni hingga 2 Juli 2022, tingkat pelajar SMA sederajat dan perguruan tinggi.

"Jadi kita bagi dua, tingkat pelajar putra dan putri dan tingkat mahasiswa putra dan putri," paparnya.

Dia pun mengatakan, ada 30 tim bola basket untuk keseluruhan yang mengikuti kejuaraan ini, dari kabupaten/kota.

Joniriadi pun menyampaikan, kejuaraan ini selain ingin memajukan cabang olahraga basket daerah, juga sebagai ajang promosi kampusnya kepada pelajar.

Selain itu, kejuaraan ini sebagai pemanasan bagi tim bola basket Poliban untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Politeknik se-Indonesia, di mana Poliban sebagai tuan rumah penyelenggara.

"Karena olahraga bola basket ada dipertandingkan di Porseni nanti," ujarnya.
Pembukaan Kejuaraan Direktur Poliban Cup 2022 untuk cabang olahraga bola basket, Jumat. (antara/Sukarli)


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022