Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Periode 2022-2023 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi di Balai Rakyat Barabai, Rabu (15/6) malam.

Sebelumnya, pelantikan tersebut juga diisi dengan berbagai hiburan seni dan budaya diantaranya galeri lukisan, tari-tarian khas banjar dan penampilan kuntau atau silat budaya yang menjadi binaan dari Dewan Kesenian Kabupaten HST sendiri.

Terpilih sebagai ketua Dewan Kesenian Daerah HST yaitu M Ikhwansyah R.A, Wakil Ketua Masruswian, Sekretaris M Fuad Rahman serta Bendahara Ernawati dan posisi Dewan Pelindung lansung dipimpin oleh Bupati HST dan Dewan Pembina Sekda HST.

Plt Kepala Dinas Pendidikan HST H Muhammad Anhar selaku panitia kegiatan melaporkan sebagaimana yang terkandung dalam UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, pemerintah mempunyai peran dan tanggung jawab terhadap kemajuan kebudayaan di daerah yang meliputi perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

"Tentunya untuk mewujudkan semua itu tidak mungkin bisa berjalan sendiri tanpa adanya sinergitas, kolaborasi dan harmonisasi dengan semua pihak yaitu para pelaku seni, seniman, budayawan dan salah satunya adalah yang tergabung dalam Dewan Kesenian HST," katanya.

Diterangkannya, berdasarkan pemikiran inilah Dinas Pendidikan HST selaku pengampu urusan kebudayaan melaksanakan pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten HST periode 2022-2023 tersebut.

Bupati H Aulia Oktafiandi dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada para pengurus Dewan Kesenian Kabupaten HST periode 2022-2023 yang telah dikukuhkan.

"Pengukuhan ini merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan, serta amanah pemerintah dan masyarakat HST kepada pengurus Dewan Kesenian atas kesediaannya untuk mengemban tugas dan amanah" katanya.

Menurut bupati, seni budaya daerah merupakan aset yang sangat berharga untuk menunjukan identitas dan jati diri yang dapat digunakan sebagai perekat hubungan di antara masyarakat pendukungnya dan dengan masyarakat suku bangsa lainnya.

"Saya berharap kepada segenap pengurus Dewan Kesenian untuk membangkitkan semangat para pegiat seni, khususnya dalam proses kreatif menciptakan karya seni sebagai warisan budaya bangsa," tutupnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022