Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memperkenalkan pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK-I) atau lebih dikenal dengan sebutan 'Kartu Kuning' kepada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala DPMPTSP Naker yang di wakili Mislena Marangkir selaku Fungsional Pengantar Kerja di Amuntai, Selasa (14/6)  mengatakan tujuan sosialisasi untuk mengenalkan dan lulusan SMK cara memperoleh 'Kartu Kuning'.

"Saat sosialisasi kita praktekan langsung kepada mereka cara pembuatan AK-I, bagaiman persyaratan dan ketentuan lainnya," ujar Mislena.

Mislena mengatakan, siswa SMK tentu memerlukan dokumen AK-Is setelah lulus  sekolah dan memang sekolah kejuruan menyiapkan siswanya agar siap kerja.
 
Para siswa SMK menyimak materi Sosialiasi Pembuatan Kartu Pencari Kerja di Aula SMKN 2 Amuntai, Selasa (14/6/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Sosialisasi dilaksanakan di Aula SMKN 2 Amuntai disambut antusias siswa yang tertarik dengan kelengkapan dokumen untuk keperluan kerja nantinya.

Mislena menjelaskan syarat mendapatkan Kartu Pencari Kerja yaitu mengisi formulir AK-I yang telah di sediakan, menyerahkan pasfoto 3x4 cm dua lembar, fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) satu lembar, fotocopy ijazah SD hingga SMK  masing-masing satu lembar sambil  menunjukkan ijazah aslinya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Amuntai yang di wakili oleh Norhatinah, berterima kasih kepada DPMPTSP Naker beserta tim yang memberikan sosialisasi pembuatan AK-I bagi siswanya.

"Kartu AK-1 menjadi syarat bagi kalian untuk mencapai dunia kerja secara maksimal dan terdata di pemerintahan," katanya

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian H Adi Lesmana selaku narasumber mengatakan persaingan pencari kerja saat ini  begitu ketat, lowongan sangat sedikit tetapi tenaga kerja yang ada itu sangat banyak.

"Untuk dapat pekerjaan yang di inginkan harus mempunyai kemampuan atau keterampilan penting yaitu kemampuan berkomunikasi, berpikir kreatif dan kritis, manajemen dan sosial," katanya.

Adi memberikan tips mencari pekerjaan yakni pilih kerja sesuai dengan keahlian, perluas jaringan, cari lowongan pekerjaan online, pastikan data di CV sudah lengkap, buat CV yang menarik dan buat surat lamaran dengan benar.

Ada juga tips wawancara dan lainnya untuk bekal siswa melakoni usaha selepas sekolah nanti. Adi berhara siswa SMK berhasil meraih pekerjaan bahkan mampu membuka lapangan  kerja 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022