Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Maesa Soegriwo mengatakan pihaknya bakal memaksimalkan kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) dalam menindak pelanggar lalu lintas selama Operasi Patuh 2022.

"Jadi untuk penegakan hukum hanya dengan e-TLE, tidak ada tilang manual seperti biasanya," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Meski begitu, Maesa memastikan untuk pelanggaran kasat mata tetap ditindak tegas dengan tilang oleh petugas, apalagi sampai berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas hingga fatalitas akibat kecelakaan. Misalnya pengendara yang melawan arus ataupun tidak menggunakan helm.

"Jadi jangan mentang-mentang tidak ada razia lalu bebas melanggar aturan, bukan begitu. Semua tetap harus tertib dan disiplin demi keselamatan bersama. Pastikan juga dokumen kendaraan SIM dan STNK lengkap," tegasnya.

Selama Operasi Patuh yang mulai digelar 13 hingga 26 Juni 2022 mendatang, polisi mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Seperti edukasi ke sejumlah tempat hingga mengingatkan secara langsung pengendara di jalan raya.

Maesa menyebut anggota Polantas di lapangan bakal lebih sering memberikan teguran humanis untuk mengingatkan pengendara. Misalnya penggunaan sabuk keselamatan bagi roda empat ataupun tali pengikat helm yang harus diklik bagi roda dua.

"Kita berharap masyarakat semakin tertib di jalan raya dan kasus kecelakaan dapat diminimalisasi agar jatuhnya korban juga lebih sedikit dari waktu ke waktu," ucapnya.

Diketahui ada tiga titik kamera e-TLE di Banjarmasin yaitu di lampu lalu lintas Jalan Ahmad Yani Km 6 baik dari arah dalam kota maupun luar kota serta satu di lampu lalu lintas di perempatan Jalan Pangeran Samudera.

Kamera e-TLE yang terpasang fungsinya menangkap pelanggaran lampu lalu lintas, melawan arus, marka jalan hingga penggunaan helm. Kemudian mendeteksi penggunaan sabuk pengaman pengemudi mobil, menggunakan ponsel saat mengemudi hingga melawan arus dan boncengan lebih dari dua orang untuk roda dua.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022