Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor meminta, gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi perhatian pusat, sehingga tidak membebani pemerintah kabupaten. 

Mantan anggota DPRD Batola ini juga mengharapkan pada Rakernas nanti diusulkan agar ada jalan tol di Kalsel menuju Ibu Kota Negara (IKN).

“Saya kira ini tidak berlebihan justru dengan harapan memperlancar pendistribusian kebutuhan pangan dan transportasi menuju IKN,” tuturnya, pada acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Apkasi yang berlangsung Senin hingga Selasa (30 hingga 31 Mei) 2022 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Sementara, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membuka kegiatan menyatakan, sangat mengapresiasi Rakorwil Apkasi Kalsel tersebut.

“Jika melihat tema yang diangkat sangat relevan dan searah dengan sasaran tujuan pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan ke depan,” ucapnya. 

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu mengutarakan, untuk pembangunan Kalsel ke depan dalam mewujudkan Visi Kalsel Maju akan melihat dan mendengar aspirasi serta peran IKN. 

Dia berharap,  kerjasama dalam berbagai bidang hendaknya terus ditingkatkan dalam upaya menggapai cita-cita pembangunan daerah. 

Kalsel sendiri saat ini, ujar dia,  terdapat dua kota dan 11 kabupaten dengan jumlah penduduk 4,1 juta jiwa dengan luas 37.500 km atau sekitar 6,98 persen luas Pulau Kalimantan. 

Keberadaan Kalsel yang cukup strategis, papar dia, dinilai tepat untuk pengembangan transportasi regional dari dan ke IKN. 

Terlebih, sebut dia,  dua kabupaten berada berbatasan dengan IKN, yaitu Tabalong dan Kotabaru. 

“Kalsel melalui Apkasi diharapkan terus berupaya bekerjasama menyiapkan pembangunan masing-masing yang seiring misi Banua Maju Kalsel Maju,” ajak gubernur.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022