Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sekda Kabupaten Banjar  H Nasrun Syah dan Para Kepala SKPD setempat melaksanakan gotong royong membersihkan tebing saluran irigasi kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar jembatan Sungai Pering, Martapura. Rabu (13/1).


Rilis Humas pemkab Banjar diterima Antaranews Kalsel, menyebutkan aksi bersih-bersih penanaman pohon dan ini merupakan salah satu wujud komitmen dari Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih ini langsung dipimpin Sekda Banjar H Nasrun Syah, diikuti Kepala BLH Banjar H Farid Sofyan, Kepala Disperkim Banjar Boyke Tristianto, Kepala Dinas Kehutanan Banjar H Rahmat Kartolo, serta para pegawai pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Walaupun menjadi orang nomor satu di Sekretariat Pemkab Banjar, tidak membuat Nasrun sungkan bergabung dengan para petugas kebersihan untuk ikut memungut sampah dan membersihkan rumput serta ilalang yang tumbuh di sepanjang jalur dan tebing saluran irigasi.

“Aksi penanaman pohon dan bersih-bersih ini merupakan wujud nyata komitmen kita dari pemerintah daerah untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sebanyak 500 bibit tanaman penghijauan seperti Beringin, Angsana,  Jabon, Ketapang, dan Terang Besi ditanam pada lahan sepanjang jalur irigasi Sungai Pering,” tutur Nasrun.

Sekda menambahkan, kegiatan penanaman pohon ditujukan sebagai program ekologi dan pemberdayaan terhadap masyarakat, dimana pohon yang ditanam akan dipelihara dan diharapkan tumbuh terjaga sebagai upaya pelestarian lingkungan serta dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu manfaat jangka panjang yang paling utama dari Tanaman adalah kemampuannya dalam mengikat tanah serta meningkatkan debit air.

Seperti diketahui bahwa jalur irigasi Sungai Pering yang menjadi urat nadi Pertanian dikabupaten Banjar.

Diharapkan nantinya akar dari pohon dan tanaman  yang tumbuh dapat menjadi pengikat tanah sehingga lahan pinggiran irigasi dapat menambah debit air,” harap Sekda.
(Tohal/fii/e)
 

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016