Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan melaksanakan kegiatan pembinaan forum Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Gazebo Taman Hijau Balangan.

"Kegiatan ini rutin kami laksanakan dengan menghadirkan masing-masing ketua KTH dan PKSM yang berada di wilayah binaan KPH Balangan, dan tahun ini ada beberapa PKSM baru dari Kabupaten HSU," kata Kasi Pemanfaatan Hutan KPH Balangan Nazaruddin di Paringin, Selasa.

Menurut dia, adanya PKSM baru yang berasal dari HSU sendiri dikarenakan wilayah kelola PKH Balangan pada tahun 2022 ini meliputi wilayah Kabupaten Balangan dan HSU.

Dia melanjutkan, kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai sarana komunikasi antara Pemprov Kalsel dengan masyarakat dalam hal penyampaian program-program kepada masyarakat di sekitar kawasan hutan.
 
KPH Balangan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel saat membina forum KTH dan PKSM di Paringin, Selasa (24/5/2022). ANTARA/erde

Dia menambahkan, kegiatan tersebut juga untuk menyerap aspirasi dan permasalahan yang ada di KTH sehingga dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menyusun rencana kegiatan tahun berikutnya.

Sementara Kasi Penyuluhan Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Subhan Fahrani, juga memberikan semangat serta motivasi kepada Ketua KTH dan PKSM agar terus semangat dalam menjalankan tugas serta kegiatan pengembangan usaha dalam membangun ekonomi masyarakat.

"Rencana ke depan pada tahun ini kami akan mengadakan pelatihan dan pengembangan wawasan untuk para KTH dan PKSM seperti pelatihan pembuatan pupuk organik, memperbanyak tanaman dengan sistem okulasidan dan pembuatan label pada kemasan," tuturnya.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan fasilitasi dari KPH Balangan ini dapat membantu kegiatan dan usaha yang ada di KTH wilayah kelola KPH Kabupaten Balangan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022