Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI agar web server dan sejumlah data pemerintahan tidak mudah diretas oleh para hacker.

Ia bersama sejumlah pejabat Dinas Kominfo HST langsung bertolak ke Jakarta guna audiensi dengan pihak Kementerian dalam rangka meningkatkan kualitas infrastruktur pemerintah di bidang teknologi informasi dan pelayanan di daerah, Senin (23/5).

Kedatangan rombongan Bupati HST disambut langsung oleh Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI Bambang Dwi Anggono.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan terkait pelaksanaan program bidang kominfo di HST serta pengelolaan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah daerah agar lebih aman dan tidak mudah diretas karena tingkat keamanan server masih rendah.

"Kedatangan kami dalam rangka silaturahmi dan rencana kerjasama Pemkab HST dengan  Kementerian Kominfo dalam hal pemanfaatan Pusat Data Nasional yang tentunya harapan kami program yang dilakukan oleh pemkab HST mendapat dukungan dari Kemkominfo," kata Bupati.

Hal ini direspon secara positif oleh Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI Bambang Dwi Anggono yang menegaskan akan siap membantu dan mendukung penuh pemerintah untuk meningkatkan dan keamanan aplikasi yang digunakan oleh Pemkab HST serta siap mengkoordinir dari Kemkominfo ke Kominfo HST.

Bambang Dwi Anggono juga menjabarkan berbagai macam kelebihan jika menggunakan server Pusdatin yang salah satunya adalah pemerintah daerah dapat melihat data analitik dari server yang dikelolanya.

"Kami dari Kementerian Kominfo siap memberikan bantuan Penyediaan Aplikasi, baik dari segi infrastruktur server maupun bantuan pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas SDM di Kabupaten HST," tutupnya.

Pada akhir audiensi, Bupati pun memberikan kenang-kenang berupa topeng yang diberi bingkai pigura kepada Kementerian Kominfo RI.

Baca juga: VRI Kalsel gelar sharing session jurnalisme kebencanaan dan filantropi sosial
Baca juga: Empat calon Paskibraka asal HST ikuti seleksi tingkat nasional

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022