Sejumlah Kepala Daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) termasuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memaparkan potensi wisata ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rabu (18/5) di Balairung Gedung Sapta Pesona Kementerian setempat.

Kabupaten HST yang di wakili Wabup H Mansyah Sabri justru minta dukungan menteri Sandiaga Uno dalam percepatan pembangunan bendungan Pancur Hanau.

Wakil Bupati menuturkan, pariwisata yang ada di daerahnya kebanyakan berbasis wisata sungai, pegunungan dan hutan yang perlu di dukung penuh oleh kemenparekraf.

"Wisata Sungai yang ada di HST sangat dipengaruhi kondisi debit air sungai, sehingga membutuhkan kontrol debit air. Pembangunan bendungan Pancur Hanau sebagai alat kontrol debit air sekaligus menjadi pendorong percepatan destinasi wisata," terangnya.

Ia memohon dukungan penuh dari Kemenparekraf untuk dapat mendorong pembangunan bendungan Pancur Hanau, mengingat nilai kemanfaatan nya yang sangat besar. "Melalui bendungan itu, beberapa aspek seperti pariwisata, pengembangan sumber daya manusia, sumber daya listrik sampai dengan ekonomi kreatif akan terdorong berkembang di HST," ujarnya. 

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa wisata yang ada di Provinsi Kalsel sangatlah berpotensi untuk dikembangkan, perubahan mindset yang sebelumnya pembangunan Kalsel yang berbasis ekstarktif sudah berubah menjadi pengembangan Pariwisata-pariwisata dari Hulu ke hilir.

Sandiaga berharap, Kemenparekraf bersama Gubernur Kalsel bisa menjalin kerja sama yang baik untuk membuat terobosan bagi kemajuan wisata nasional.

Baca juga: Laporan keuangan HST raih WTP
Baca juga: HST bentuk Satgas PPPB lingkungan perkantoran cegah kebakaran
Baca juga: Harta Bupati HST bertambah

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022