Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tahun 2022, di Halaman Sekretariat Daerah HSS.

Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tahun 2022 mengusung tema,  "Bergerak baimbaian gasan mambangun banua kita".

"Saya berpesan agar kita bisa mewarisi dan meneladani serta melanjutkan nilai dan semangat perjuangan para pahlawan, yang setia terhadap NKRI," kata Bupati HSS, H Achmad Fikry saat menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Kalsel, Selasa (17/5).

Baca juga: Danlanal Banjarmasin kunjungi HSS di rangkaian HUT Proklamasi Tentara ALRI

Selain itu, menurut dia, sebagai umat beragama diharapkan juga agar semuanya bisa mendoakan para arwah pahlawan, agar mereka mendapatkan tempat yang layak di sisiNya.

Generasi penerus tentu semangat dan kesetiaan para pahlawan akan terus ditanamkan dan dipupuk, agar semuanya diberikan kekuatan dan pertolongan melanjutkan perjuangan pahlawan, dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejak para tokoh pahlawan HSS ditetapkan sebagai pahlawan Nasional, pihaknya sudah menginstruksikan sekolah dan kantor yang ada di HSS agar memajang foto Brigjen H Hasan Basry, Pangeran Antasari serta KH. Idham Khalid di tempatnya masing-masing.

Baca juga: HSS persiapkan peringatan HUT Proklamasi Gubernur ALRI Divisi IV

"Dengan memajang foto-foto, kita ingin menimbulkan semangat dan kebanggaan bahwa kita memiliki tokoh asli HSS yang bergelar Pahlawan Nasional, serta untuk terus mengingatkan kita agar terus melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau," katanya.

Di akhir upacara juga diserahkan bantuan tali asih kepada para veteran dan janda veteran yang hadir dalam upacara peringatan tersebut.

Turut hadir, Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah, H. Muhammad Noor, segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) HSS dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022