Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito mengatakan kondusifitas perayaan Waisak di kota itu terjaga sepanjang Senin hari ini dengan tidak adanya kejadian menonjol yang mengusik umat Buddha beribadah.

"Alhamdulilah aktivitas masyarakat berjalan lancar, semua Wihara kita berikan pengamanan ketat," kata dia di Banjarmasin, Senin.

Terdapat tiga tempat ibadah umat Buddha yang dijaga aparat demi kelancaran jalannya peribadatan Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak 2566 Buddhist Era (BE) atau 2022 Masehi.

Yaitu Wihara Dhammasoka di Jalan Kapten Piere Tendean di Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Wihara Bhavana Maitreya di Jalan Veteran, Banjarmasin Tengah dan Wihara Duta Prabha di Jalan RK Ilir, Kecamatan Banjarmasin Selatan.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito memimpin patroli keliling kota. (ANTARA/Firman)


Selain menjaga keamanan Wihara, Sabana yang memimpin langsung pengamanan sepanjang hari ini juga berpatroli keliling kota menggunakan roda dua.

Dia menyebut situasi kamtibmas yang kondusif jadi tanggung jawab pihaknya agar umat Buddha dan masyarakat secara umum di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dapat merasakan keamanan dan menyamanan selama hari libur.

Kemudian menghadirkan anggota Polri di tengah-tengah masyarakat juga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya tindakan kejahatan baik di lokasi kegiatan maupun di sekitar Wihara yang jadi pusat perayaan Waisak.

"Pelayanan yang presisi sebagaimana instruksi Kapolri melalui Kapolda Kalsel agar anggota Polri terus hadir memberikan rasa aman masyarakat tanpa mengenal libur dan ikhlas bekerja tanpa pamrih," ucap Sabana.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022