Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengajak warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tetap melestarikan semangat kebersamaan dan gotong-royong dalam membangun daerahnya.

"Silakan, memberi masukan dan mengkritisi program/kebijakan pemerintah dengan harapan masyarakat ikut merasa memiliki, sekaligus ikut merasakan hasil dari program pembangunan," ujar Sahbirin sebagaimana disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalsel, Khatimah, di Amuntai, Kamis (12/5/22).

Sahbirin mengajak warga HSU berperan aktif dan  berpartisipasi dalam mengawal program-program pembangunan. Termasuk bagi pemerintah daerah agar terus memantapkan partisipasi warganya tersebut.
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi bersama.para pejabat dan undangan pada Peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten HSU di Halaman Kantor Pemkab setempat, Kamis (12/5/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Budayakan selalu semangat gotong royong, sinergikan semua kekuatan dan sumber daya untuk memajukan Kabupaten Hulu Sungai Utara," tegasnya.

Sahbirin tak lupa mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-70 Kabupaten HSU yang berdiri pada 01 Mei 1952 yang pada Peringatan Hari Jadi ini mengusung tema 'Mufakat Maangkat Harkat dan Martabat Menuju Penuh Berkah'.

Perayaan Hari Jadi ke-70 Kabupaten HSU dilaksanakan penuh hikmat di halaman Kantor Pemda setempat dihadiri pejabat dari provinsi, kabupaten/kota bahkan DPR RI.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc menyampaikan sambutan pada upacara peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten HSU di Amuntai, Kamis (12/5/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Diawali dengan persembahan tarian  tradisional sadapung purun dan pembacaan doa yang dimpimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSU, Said Masrawan.

Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten HSU diteruskan sambutan Pelaksana tugas Bupati HSU H Husairi Abdi Lc.

"Masih terdapat hal-hal yang perlu kita evaluasi dan perbaiki bersama-sama untuk kemajuan dan kejayaan daerah yang kita banggakan, menjadikan Hulu Sungai Utara yang lebih baik dan maju," ujar Husairi.

Husairi mengakui Kabupaten HSU masih terus membenahi perekonomian pasca dilanda Pandemi COVID-19. Sebagian kemajuan yang diraih bisa menjadi modal membangun HSU lebih baik lagi kedepan.
Suguhan Tari tradisional Sadapung Purun memeriahkan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten HSU di Amuntai, Kamis (12/5/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)


Husairi sebentar lagi mengakhiri masa jabatannya mendampingi Bupati non aktif H Abdul Wahid HK yang tengah menjalani penahanan akibat OTT Kasus Fee Proyek PUPR beberapa waktu lalu.

Ia mengharapkan di sisa akhir jabatan bisa terus meningkatkan pembangunan dalam rangka mewujdukan visi misi daerah yakni, HSU MANTAP (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif).

Pada moment Hari Jadi ke 70 Kabupaten HSU dilaksanakan peluncuran dan peresmian sejumlah proyek diantaranya peresmian Kantor baru DPPKB HSU, launching Desa Cantik (Desa Cinta Statistik), Launching Program Jaringan Tetap Lokal (Jartaplok), pencanangaan Desa Kota Raja sebagai Rumah Restorative Justice dan penandatanganan komitmen bersama penerapan manajemen risiko dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP).

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022