Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, dengan mengusung tema "Pimpin pemulihan, bergerak untuk merdeka belajar", di halaman Kantor Sekretariat Daerah.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangvan, Jumat (13/5), mengatakan kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

"Anak-anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan, karena asesmen nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi," katanya saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Baca juga: Ziarah makam pahlawan bentuk penghargaan untuk para leluluhur

Dijelaskan dia, kurikulum merdeka yang diterapkan juga agar guru terus terdorong untuk belajar serta supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya, menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Ia juga berpesan agar anak-anak sekolah tidak hanya diberi mata pelajaran, tetapi juga harus dikawal perilaku anak sesuai dengan norma-norma yang telah diatur.

"Sekolah tidak hanya memberikan mata pelajaran, menuntaskan kurikulum tetapi juga mengawal anak-anak agar menjadi anak yang berakhlak dan bermoral karena mereka adalah penerus di masa yang akan datang. Apabila ada perilaku anak yang mencurigakan, agar segera diambil langkah oleh sekolah," katanya.

Baca juga: Pencegahan stunting di HSS dimulai dari pendampingan calon pengantin

Ia berharap di momentum Hardiknas ini program vaksinasi anak sekolah berusia enam hingga 11 tahun kembali digerakkan, agar imunitas individual peserta didik bisa terjaga dengan baik.

Dengan pemberian vaksin imunitas individual anak-anak akan terjaga dengan baik, sehingga mereka menjadi generasi yang sehat dan dapat belajar dengan maksimal.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022