Kepala Bagian Operasi (KBO) Sat Lantas Polres Tapin IPDA Muhammad S Ariza menyatakan seluruh personel yang bertugas sudah disiagakan untuk melancarkan arus balik.. 

"Kita prediksi pada Sabtu sampai Minggu (7-8 Mei) menjadi puncak arus mudik," ujarnya, Jum'at, saat bertugas di pos pelayanan mudik di Kota Rantau. 

Skema memperlancar arus mudik, kata dia,  sudah disiapkan untuk diimplementasikan apabila terjadi gangguan lalu lintas. 

"Untuk pengalihan jalan sepertinya enggak. Pada H-1 lebaran, kita bersama Dishub sudah memperbanyak petunjuk arah jalan baik untuk para pemudik ataupun warga lokal," ujarnya. 

Hingga sekarang, kata Ariza, arus balik mudik terlihat ada yang menuju arah Hulu Sungai menuju Banjarmasin ataupun sebaliknya. 

"Arus balik terus meningkat, situasi padat lancar," ujarnya. 

Dia mencermati aktivitas lalu lintas di Tapin terlihat padat pada pagi hari dan sore menjelang magrib, dominasi kendaraan roda dua dan empat. 

"Secara umum masih aman. Namun mendekati puncak, kita himbau agar masyarakat menghindari waktu padat lalu lintas, untuk kelancaran arus mudik," ujarnya. 

Informasi untuk pemudik, Polres Tapin ada menyiapkan pos pelayanan di Kota Rantau. Sedangkan,  pos pengamanan ada di Kecamatan Binuang, Lokpaikat dan Candi Laras Utara. 

"Silahkan mampir ke pos pos itu untuk beristirahat. Ingat ! Utamakan keselamatan saat berkendara," ujarnya. 

Baca juga: Arus balik mudik terpantau padat lancar di Tapin Kalsel

Baca juga: Arus Mudik - Kapolres Tapin bagikan takjil untuk pemudik

Baca juga: Polres Tapin fasilitasi tempat pijat, servis kendaraan hingga makan minum gratis untuk pemudik
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022