Anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) turut ambil bagian membantu petugas TNI, Polri, dan Dishub dalam melancarkan arus kendaraan jelang lebaran hingga malam takbiran.

Pelaksana tugas Bupati HSU H Husairi Abdi mengapresiasi peran anggota pramuka yang tergabung dalam Satgas KBL 2022 Kwarcab HSU ini di antaranya dengan memberikan bingkisan paket sembako.

"Kita apresiasi karena adik.adik pramuka  ini telah memberikan waktu dan tenaga membantu petugas dalam mengurai kemacetan akibat arus transportasi yang mulai padat jelang lebaran," ujar Husairi di Amuntai.
 
Anggota Satgas KBL 2022 Kwarcab HSU yang membantu kelancaran arus lalu lintas saat malam takbiran kemaren Kota Amuntai. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Meski sudah ada rekayasa lalu lintas yang  direncanakan oleh Dinas Perhubungan, jalan-jalan protokol di Kota Amuntai pada malam takbiran Idul Fitri 1443 H tampak ramai oleh pengendara. 

Ramainya kendaraan sempat membuat kemacetan di beberapa jalan seperti  di perempatan Jembatan Paliwara dan Bundaran Kota Amuntai yang persis di sekitar Posko KBL 2022 Kwarcab HSU.

Bersama petugas gabungan dari Polres HSU, Kodim 1001 Amt-Blg, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, Satgas KBL 2022 Kwarcab HSU juga BPK Paliwara bersinergi mengurai kemacetan dan kepadatan warga yang meramaikan malam takbiran dengan koordinasi dan sinergi semua instansi.

"Alhamdulillah kemacetan dapat diurai dengan baik dan warga dapat menikmati malam lebaran dengan nyaman bersama keluarga," kata Husairi.

Meski ramai dan tidak lagi macet, diharapkan masyarakat yang menggunakan kendaraan tetap memperhatikan laju kendaraan dan situasi serta kondisi jalan, sehingga selamat sampai ke tujuan. 

Begitu juga kepada masyarakat yang meninggalkan rumah, dapat memperhatikan kompor dan listrik rumahnya, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022