Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Ahmad Zulfian Noor mengatakan kesadaran calon penumpang pesawat udara untuk melengkapi syarat vaksinasi dosis penguat atau booster tinggi selama arus mudik Lebaran tahun ini.

"Alhamdulilah hingga memasuki H-1 pada Minggu ini, tidak banyak calon penumpang yang harus menyertakan tes antigen atau PCR COVID-19 karena mayoritas sudah booster," kata dia di Banjarbaru, Minggu.

Bagi yang ingin mendapatkan vaksin pun, pihak bandara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan membuka layanan vaksinasi di area pintu masuk keberangkatan gedung terminal penumpang sebelum "check-in".

Dari data yang disampaikan petugas tim vaksinator Wawan, hari ini ada sekitar 20 orang yang diberikan suntikan vaksin baik dosis pertama, dosis kedua maupun booster. Namun mayoritasnya booster.

"Sejak dibuka pelayanan vaksin H-7, memang rata-rata perhari antara 15 sampai 20 orang saja," katanya.

Zulfian menyebut jika dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat pada hari ini 5.020 orang, maka angka 20 orang yang diberikan suntikan vaksin sangatlah kecil persentasenya.

"Fakta ini patut disyukuri karena menunjukkan kesadaran tinggi masyarakat untuk divaksin terlebih memenuhi persyaratan perjalanan di masa mudik tahun ini," jelasnya.

Diketahui syarat perjalanan udara yang telah diatur pemerintah selama momen mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah mewajibkan vaksin dosis penguat atau booster sehingga tidak perlu tes antigen atau PCR COVID-19.

Kemudian dalam Addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19 disebutkan anak usia 6 sampai 17 tahun hanya diwajibkan telah menerima vaksin dosis kedua. 

Sedangkan anak usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Calon penumpang pesawat juga wajib melakukan pengisian Electronic Health Alert Card atau e-HAC pada aplikasi PeduliLindungi Dalam pelaksanaannya, petugas di bandara memeriksa kelayakan perjalanan melalui e-HAC yang telah para pemudik isi sebelum keberangkatan.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022