Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah arus mudik sudah mulai reda, salah satunya di Terminal Tipe B Kilometer 6 Banjarmasin.

Kepala UPT Terminal Tipe B KM-6 Banjarmasin Dishub Kalsel Tommy Hariadi di Banjarmasin, Minggu, menyatakan, hari ini situasi terminal sudah mulai sepi, tidak terjadi lonjakan kedatangan penumpang lagi.

"Sudah sangat sepi, pukul 13.00 WITA sudah tutup, terminal tidak ada aktivitas lagi," ungkapnya.

Hanya ada beberapa unit bus yang sempat berangkat pada hari ini dengan minim penumpang untuk jurusan Antarkota Antarprovinsi (AKAP), sama halnya untuk jurusan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP).

"Jadi sudah reda arus mudik pada hari ini, semuanya berjalan lancar dalam sepekan ini di terminal," ujarnya.

Puncak arus mudik penumpang, kata Tommy, terjadi pada H-3 hingga H-2 dengan jumlah penumpang mencapai 1.000 orang lebih ke semua jurusan.

Untuk jurusan AKDP, yakni, jurusan Banua Enam meliputi Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung dan Balangan.

Jurusan AKDP lain di Kalsel adalah Pelaihari, Batulicin dan Kotabaru

Untuk jurusan AKAP, yakni Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dan tujuan Palangkaraya atau Sampit, juga Tamiyang Layang hingga Buntok daerah Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Kami berterimakasih kepada semua pihak baik TNI-Polri juga tim kesehatan dan pramuka yang sudah membantu mengamankan dan memberi pelayanan maksimal kepada para pemudik," ujarnya.

Pihaknya pun kini menyiapkan lagi untuk pelayanan terminal pada puncak kedatangan arus balik pemudik dari kampung halaman.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022