Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kota Martapura, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan ditetapkan sebagai salah satu kota sedang di Indonesia yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas Tahun 2015 dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Nomor KP 402 Tahun 2015 Tanggal 11 September 2015.


Rilis Humas Pemkab Banjarmasin diterima Antaranews Kalsel, Rabu menyebutkan, penghargaan Wahana Tata Nugraha merupakan apresiasi pemerintah pusat atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar H. Aidil Basith mengatakan penghargaan yang diterima Kota Martapura dikarenakan kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan memiliki indikator baik.

Basith menerangkan, Presiden RI Joko Widodo pada Rabu, 23 Desember 2015 menyerahkan penghargaan tersebut kepada Penjabat Bupati Banjar H Rachmadi Kurdi di Istana Presiden di Jakarta.

Kabupaten Banjar dinilai telah meningkatkan beberapa program strategis untuk kenyamanan pengguna jalan seperti Rencana Induk Pengembangan Lalu Lintas Angkutan dan Jalan, Dokumen Tatanan Transportasi Lokal, Masterplan Transportasi Pengembangan Angkutan Umum, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Penerapan Audit Keselamatan Jalan Wilayah Kota Martapura, Penyusunan Load Faktor Angkutan, Rehabilitasi Terminal Martapura, Rehabilitasi Fasilitas Keselamatan dan Pengembangan Angkutan Umum.

Ditemui usai menerima penghargaan, Penjabat Bupati Banjar H Rachmadi Kurdi menyatakan penghargaan diberikan karena Pemkab Banjar dinilai memiliki kinerja baik dalam menyelenggarakan sistem transportasi perkotaan sehingga tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan.

"Peraihan Piala WTN Kategori Lalu Lintas ini sekaligus merupakan kabar baik bagi Pemerintah Kabupaten Banjar dalam menutup tahun penuh kerja keras dan prestasi di tahun 2015 ini," ucap Rachmadi Kurdi bangga.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan tulusnya kepada segenap lapisan masyarakat, ulama, anggota legislatif, swasta, para pegawai, LSM, ormas, media massa, pemerintah provinsi, instansi vertikal dan perbankan atas kerja sama sinergis dalam memberikan dorongan kuat bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjar.

"Alhamdulillah citra Kabupaten Banjar di tingkat pusat semakin terangkat. Ini semua berkat dedikasi masyarakat dan seluruh aparatur pemerintah daerah, melalui kerja keras semua pihak, program-program pembangunan yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik," ucap syukur Rachmadi Kurdi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar H. Aidil Basith pun berharap kepada seluruh jajarannya meski Kabupaten Banjar telah banyak meraih prestasi nasional, etos kerja untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tidak boleh memudar.

"Penghargaan bukan tujuan utama, karena tujuan kita yang sejati adalah bagaimana agar pelayanan kepada masyarakat bisa optimal dan akhirnya kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah bisa tercapai," pungkasnya dengan rendah hati seraya mengucapkan ribuan terima kasih atas dukungan semua pihak.(humas/e)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015