Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan menetapkan pasangan Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan sebagai pemenang pemilihan gubernur-wakil gubernur 2015.


Ketua KPU Kalsel Samahuddin Muharram dalam gelar rapat pleno terbuka di Kantor KPU Provinsi, Rabu, menyatakan, karena tidak ada gugatan dari pasangan calon lain, maka KPU sudah bisa menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2015-2020.

"Sudah kita berikan waktu tiga hari bagi pasangan lain bila ingin menggugat, tapi tidak ada sehingga bisa kita tetapkan pemenangnya," ujarnya.

Menurut dia, sesuai hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU provinsi dan KPU 13 kabupaten/kota pada 19 Desember, pasangan Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan menduduki peringkat teratas perolehan suara dengan persentase 41,09 persen.

Sahbirin-Rudy mengumpulkan suara sebanyak 739.588. Sedangkan pasangan Muhidin-Farid sebanyak 725.585 atau 40,09 persen.

Sementara itu, lanjut Samahuddin, pasangan Zairullah Azhar dan M Safi`i mendapatkan 334.712 suara atau 18,68 persen, dari total pemilih sah dalam Pilkada Kalsel ini sebanyak 1,7 juta jiwa.

Dia mengapresiasi langkah kedua pasangan yang kalah suara ini tidak melakukan gugatan, sehingga perhelatan pesta demokrasi ini bisa cepat selesai, dan daerah bisa terus aman dan damai.

"Kita sangat memuji kenegarawanan mereka. Berkat mereka, Pilkada Kalsel bisa dijadikan contoh baik akan sikap kedewasaan semua calonnya memegang kometmen sejak memberikan Pilkada damai," ucapnya.

Sementara itu, pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih Sahbirin-Rudy menyatakan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan kepemimpinan daerah ini kepada mereka untuk lima tahun.

"Tentunya kepercayaan masyarakat ini akan kita balas dengan kerja keras untuk membangun daerah ini lebih baik lagi, juga kesejahteraan," tegas Sahbirin.

Menurut dia, langkah kedua pasangan calon yang tidak menggugat merupakan sikap sangat luar biasa.

"Kita sangat mengharapkan bantuan mereka untuk bersama-sama memajukan daerah ini, setidaknya visi dan misi mereka bisa kita adopsi," ungkapnya.

Sahbirin mengemukakan bersama Rudy dan tim sukses mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi bagi aparat keamanan yang sudah dengan baik menjadikan perhelatan ini berjalan kondusif dan terkendali.

"Kita harap tidak ada kubu-kubuan lagi pendukung si ini dan si itu. Iini sudah selesai, mari kita bersama membangun daerah ini, sebab dukungan semuanya sangat kami harapkan," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015