Balangan - (Antaranews Kalsel) - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kini memasuki tahap penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Balangan.


Setelah melewati rangkaian pemilihan langsung yang berjalan damai dan lancar, hingga rapat pleno yang cukup memakan waktu, kini tinggal penetapan hasil Pilkada dan penetapan pasangan calon yang terpilih oleh KPUD setempat.

Sebelumnya, pada proses rapat pleno tingkat kabupaten, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Rosmelyanoor memaparkan, di setiap tingkatan pihaknya selalu melakukan koreksi untuk hal sekecil apapun supaya tidak ada kekeliruan data.

"Mencegah hal yang tidak terdeteksi di tingkat kecamatan, kita yang di tingkat kabupaten yang meluruskannya saat Pleno tingkat kabupaten," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Balangan mengapresiasi kecermatan jajaran Panwaslu dalam melihat kesalahan-kesalahan yang kecil.

"Agar kita tidak bermasalah pada tingkat provinsi, jadi lebih baik diselesaikan sekarang. Ya meskipun masalah ini harusnya sudah selesai di tingkat kecamatan, tapi semua orang tidak luput dari khilaf," ujarnya.

Selain diwarnai dengan pertanyaan-pertanyaan dari Panwaslu, rapat pleno juga tidak diikuti oleh sejumlah saksi dari pasangan calon secara keseluruhan.

Hingga akhir pleno nampak hanya saksi dari paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Muhidin-Gusti Farid Hasan, sedangkan dari paslon Bupati dan Wakil Bupati Balangan, hanya saksi dari paslon H Ansharuddin-H Syaifullah.

"Ketidakhadiran saksi dalam pleno tidak mengganggu jalannya rapat, terlebih itu karena keinginan mereka sendiri. Tapi nanti hasil berita acara akan kita tembuskan ke masing-masing peserta Pilkada," papar Ketua KPU Balangan, Aidinnor.

Berdasarkan hasil pleno tingkat Kabupaten Balangan tersebut, untuk Pilkada Kalsel dari 89.715 daftar pemilih, hanya 66.264 pemilih yang menggunakan hak suara terdiri dari 60.340 suara sah dan 5.924 suara tidak sah.

Pasangan Cagub Cawagub Kalsel Sahbirin-Rudy Resnawan unggul dengan raihan suara 28.594, disusul pasangan Muhidin-Gusti Farid Hasan dengan 21.898 suara dan pasangan Zairullah Azhar-Syafi'i meraih 9.848 suara.

Sedangkan untuk hasil rekapitulasi Cabup dan Cawabup Balangan dimenangkan oleh pasangan H Ansharuddin- Syaifullah yang menang di semua kecamatan dengan perolehan suara 25.064, disusul pasangan Dimas Febriandie-HM Yusuf dengan 15.636 suara, pasangan H Riduan Darlan-Rusli Abbas dengan 9.656 suara dan pasangan H Suhardi-H Sabirin dengan 9.244 suara.

Jumlah pemilih yang terdaftar pada Pilkada Balangan sendiri mencapai 89.700 orang, namun total pemilih yang menggunakan suaranya hanya 66.243, terdiri dari 59.600 suara sah dan 6.643 suara tidak sah.

"Alhamdulillah Pilkada Balangan, hingga pleno berjalan lancar, semoga tetap begini sampai seterusnya hingga pelantikan, dan Selasa (22/12) kita akan melaksanakan pleno penetapan hasil Pilkada Balangan," ungkap Ketua KPUD Balangan, Aidinnor Ssos.





Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015