Pelaksana tugas Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi meninjau kesiapan pengamanan mudik lebaran yang dilaksanakan tim gabungan Polres, Kodim 1001 Amuntai, Satpol PP, Dishub,BPBD, Dinkes dan lainnya.

Kesiapan pengaman mudik diperlihatkan melalui apel pasukan Operasi Ketupat Intan 2022 yang digelar di Halaman markas Polres HSU belum lama ini.

"Lebaran kali ini pemerintah memberi kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga karena situasi Pandemi yang mulai berkurang," ujar Husairi selaku pembina apel.

Membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan keluarga.

Polri bersama tim gabungan berupaya membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mudik agar berjalan aman dan lancar dengan tetap mentaati Protokol Kesehatan.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc, menyematkan tanda anggota tim gabungan pada perwakilan peserta apel OPS Ketupat Intan 2022 di Halaman Mapolres HSU di Amuntai, Jum'at (22/4). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," katanya.

Disampaikan, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi “Ketupat-2022” selama 12 hari terhitung  hingga 09 Mei 2022.

Sementara, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, mengatakan, apel gelar pasukan Ketupat Intan 2022 dilakukan lebih cepat karena untuk mengantisipasi awalnya lonjakan kegiatan mudik.

“Jumlah personil yang terlibat operasi ini sebanyak 106 personil Polri dan belum ditambahkan dari instansi terkait lainnya,” kata Afri.

Disamping itu, Polres HSU juga menyiapkan dua pos pengamanan yaitu Pos PAM yang terletak di Desa Muara Tapus, Kawasan Banua Lima dan Pos yang terletak di Taman Junjung Buih di Kota Amuntai 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022