Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan rapat persiapan kegiatan Gema Takbir Idul Fitri Tahun 1443 Hijriah, yang rencananya dilaksanakan dalam memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

Sekretaris Daerah HSS H Muhammad Noor di Kandangan mengatakan untuk Ramadhan tahun ini pelaksanaan kegiatan Gema Takbir rencananya diselenggarakan berbeda dari tahun sebelumnya.

"Format awal kegiatan takbiran akan dilaksanakan per kecamatan yang dibagi dalam beberapa zona," katanya saat menyampaikan arahan di aula Rakat Mufakat (Ramu), Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

Baca juga: Wabup HSS serahkan santunan program Ramadhan Berkah

Dijelaskan dia, tujuannya untuk mengendalikan arus dan memecah konsentrasi masa yang menumpuk pada satu lokasi pada malam Hari Raya nanti, yang dijadwalkan dilaksanakan pada Selasa tanggal 1 Mei 2022, namun juga masih menunggu keputusan Menteri Agama.

Adapun untuk pembagian zona Gema Takbir, yaitu zona 1 Kecamatan Kandangan, zona 2 Kecamatan Sungai Raya, zona 3 Kecamatan Simpur dan Kalumpang.

Selanjutnya, zona 4 Kecamatan Padang dan Loksado, zona 5 Kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat, zona 6 Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara, dan Daha Barat.

Namun untuk zona 4 dan 6 rencananya akan berjalan di kecamatannya masing-masing, sesuai dengan titik dan rute yang telah disepakati bersama.

"Hal ini dikarenakan kendala permasalahan arus lalu lintas yang mungkin akan sangat padat pada hari pelaksanaan, dan jalur per kecamatan yang cukup berjauhan," katanya.

Gema takbir direncanakan akan diawali dengan acara pelepasan rombongan peserta bertempat di depan kediaman Bupati HSS, dan perlu untuk diketahui bersama bahwa kegiatan ini hanya diikuti untuk roda empat atau mobil.

Baca juga: Pemkab HSS salurkan dana hibah bidang keagamaan Rp5,2 miliar

Adapun peserta Gema Takbir yaitu seluruh komponen yang ada di HSS, bupati, wakil bupati, forkopimda, sekda, organisasi perangkat daerah, BUMN, BUMD, perbankan, camat, organisasi kemasyarakatan, masjid, musholla, dan sekolah.

"Untuk keamanan demi kelancaran kegiatan, juga melibatkan para tenaga kesehatan, baik dari puskesmas, rumah sakit, TNI dan Polri, Dinas Perhubungan, serta Satpol PP dan Damkar," katanya.

Rapat persiapan secara terbuka dengan tujuan bertukar pemikiran serta meminta masukan dari peserta rapat yang berhadir, dipimpin langsung Sekretaris Daerah HSS didampingi Kepala Bagian Kesra Setda HSS, H. Fajar Abdi.

Turut hadir, perwakilan Kodim 1003/HSS dan Polres HSS, para asisten, staf ahli, para kepala perangkat daerah, dan para camat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022