Tim Vaksinasi Mobile dari Kodim 1001 Amuntai -Balangan memanfaatkan momentum pelaksanaan Operasi Pasar Murah (OPM) di beberapa kecamatan untuk melayani warga yang ingin vaksin dosis dua maupun dosis lanjutan (booster).

Seperti saat pelaksanaan OPM di Desa Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara pada Selasa kemaren, petugas kesehatan dari Kodim sudah bersiap dilokasi OPM sebelum warga datang kelokasi.

"Kita hanya ingin memberi kesempatan bagi warga yang mengunjungi operasi pasar murah agar mudah mendapatkan layanan vaksin," ujar Koramil Amuntai Utara Kapten Inf. Mahmud Dalli  disela kegiatan vaksinasi dan OPM di halaman Kantor Kepala Desa Sungai Turak.

Padahal kegiatan Vaksinasi COVID-19 biasanya mereka laksanakan pada malam hari selama  Ramadan ini sehingga layanan vaksin saat siang hari memang kurang diminati warga 

Meski hanya beberapa warga yang memanfaatkan layanan vaksin di lokasi OPM, namun tidak menurunkan semangat team Vaksinasi Mobile untuk kembali melaksanakan pelayanan vaksin pada kegiatan OPM berikutnya di kecamatan lain 

Team Vaksinasi Mobile juga melayani tensi darah bagi warga yang ingin memeriksakan diri atau sekedar bertanya/konsultasi masalah kesehatan dan COVID,-19.
 
Team Vaksinasi Mobile Kodim 1001 Amuntai melayani vaksinasi pada malam hari Ramadan di sejumlah lokasi di Kota Amuntai. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Beberapa warga mengaku agak khawatir menjalani vaksinasi saat menjalankan Ibadah Puasa pada siang hari 

"Khawatir kalau mengganggu pelaksanaan ibadah puasa," kata satu warga.

Warga juga belum tahu persis apakah suntikan vaksin bisa membatalkan ibadah puasa mereka.

Sedangkan pada malam hari, pelaksanaan  Vaksinasi COVID-19 oleh petugas dari Kodim 1001 Amuntai masih dilaksanakan dibeberapa lokasi dan cukup banyak warga memanfaatkan layanan vaksin saat malam hari tersebut.

Berdasarkan keterangan tim Vaksinasi Mobile Kodim 1001 Amuntai, pelaksanaan vaksin juga bertujuan unttuk membantu masyarakat yang ingin mudik sebagai salah satu persyaratan yakni warga yang ingin mudik harus  mendapatkan dosis lanjutan (booster).

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022