Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Menutup akhir tahun 2015 Pelindo III menyalurkan dana  Rp1,5 miliar melalui program dana kemitraan, bina lingkungan dan bedah rumah di Banjarmasin.

Sebanyak 50 pengusaha yang telah disurvei dan dikategorikan layak menjadi calon mitra binaan Pelindo III  mengikuti pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha di hotel Victoria Banjarmasin, Selasa (15/12).

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut merupakan program Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pelindo III Banjarmasin.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Pelindo III dengan PT AP Plus Indonesia tersebut dibuka secara simbolis oleh Roy Darma Asekper Program Kemitraan PT Pelindo III didampingi Manager Keuangan Pelindo III Banjarmasin Zainal Abidin dan Direktur Utama PT AP Plus Indonesia Bambang Prasetyo.

Jumberi, salah satu mitra binaan yang telah lama mengelola pembuatan kacang jaruk di Barabai ini berharap bahwa dengan adanya pinjaman modal dari Pelindo III bermanfaat untuk pengembangan usahanya.  

Rina Yanti yang juga baru merintis usaha peternakan kelinci juga mengaku  senang  dan berterima kasih kepada Pelindo III yang telah memberikan saya kesempatan dan berharap usaha saya bisa maju berkembang seperti rekan-rekan yang lainnya.
 
Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III Toto Heliyanto mengungkapkan, dari dana Rp1,5 miliar tersebut, tambah dia, sebanyak Rp1,245 miliar disalurkan kepada calon mitra binaan yang berasal dari berbagai daerah seperti Banjarmasin, Banjarbaru,Martapura, Barabai, Binuang, Batola, dan Kotabaru.
    
Total pengusaha calon penerima dana kemitraan sebanyak 50 orang, khusus Banjarmasin, sebanyak 26 orang dengan jumlah penyaluran mencapai Rp627.500 juta.
    
Heliyanto berharap, seluruh mitra binaan dapat memanfaatkan dana yang disalurkan untuk mengembangkan usahanya.
    
"Minimal para pengusaha tahu bagaimana cara memasarkan, mengemas produk, serta manajemen keuangan dan lain sebagainya," katanya.
    
Selain itu, tambah dia, jangan sampai dana tersebut dimanfaatkan untuk keperluan yang bersifat konsumtif, namun harus mampu mengembangkan produk-produk unggulan dari Kalimantan Selatan.
    
Tidak hanya menyalurkan dana kemitraan dan kemudian berhenti disitu saja, tapi Pelindo III juga akan memberikan apresiasi, bagi mitra binaan yang telah menujukan perkembangan usaha yang dikelolanya.     
 
"Bisa saja  akan kita ikutkan bapak ibu dalam kegiatan pameran baik itu yang diselenggarakan di dalam negeri maupun luar negeri," tambah Toto.
    
Selain program kemitraan, Pelindo III juga mengadakan kegiatan penyaluran dana hibah bina lingkungan di Banjarmasin, yang masih termasuk dalam rangkaian program kemitraan dan bina lingkungan.     
 
Penyaluran dana hibah ini meliputi sarana pendidikan, rumah ibadah, serta bedah rumah dengan total Rp179 juta untuk  18 obyek seperti sekolah, mesjid dan 150 juta untuk bedah rumah veteran. 
    
General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian kepada masyarakat sekitar.
    
"Pelindo III bukan perusahaan yang hanya mengejar keuntungan semata tanpa memperdulikan masyarakat sekitar," katanya.
    
Pelindo III, tambah dia, memiliki tanggungjawab dan peduli terhadap kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan termasuk para veteran.
    
Hengki berharap para mitra binaan yang mendapatkan bantuan dana dapat memanfaatkan dengan optimal dan tepat sasaran.
    
Pokok pinjaman yang disalurkan kepada mitra akan dibayarkan pada bulan ke 7 hingga bulan ke 30 dengan bunga yang rendah. Serta berharap kepada para mitra binaan untuk dapat membayar angsurannya tepat waktu.
    
"Pengembalian yang tepat waktu oleh para mitra binaan akan dapat bermanfaat bagi calon mitra binaan lainnya karena pinjaman ini merupakan dana bergulir," kata Henky.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015