Masyarakat di pedesaan mulai merasakan dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kenaikan sejumlah bahan pangan pokok,  seperti gula, tepung, cabe hingga beras.

Seorang ibu, warga Desa Banyu Tahun Hilir, sebut saja Galuh mengutarakan kenaikan harga bahan pokok tidak hanya minyak goreng tapi sudah merambat pada bahan pokok lainnya.

"Sampai-sampai harga beras juga naik," katanya.

Beberapa warga menduga kenaikan harga bahan pokok sebagai buntut kenaikan harga BBM, sehingga menambah biaya transportasi angkutan bahan pokok ke daerah-daerah.

Plt Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM HSU Muhammad Isnaini di Alabio, Rabu, mengatakan, pemerintah berupaya meringankan beban ekonomi masyarakat dengan melaksanakan Operasi Pasar Murah (OPM) selama Ramadan.

"Pemerintah juga berharap melalui Operasi Pasar Murah bisa membantu menstabilkan harga pangan selama Ramadan dan jelang lebaran," ujar Isnaini.
 
Mobil stand Minyak Goreng dan Gula Pasir pada kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) di Desa Banyu Tajun Hilir Kecamatan Sungai Pandan Kab HSU diserbu warga, Rabu (13/4/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Ia mengatakan, melaluii kegiatan OPM,  berbagai produk, khususnya minyak goreng, gula pasir, dan elpiji 3 kg, dijual dengan  lebih murah dibanding harga pasar.

"Kita berharap upaya ini juga bisa berdampak menstabilkan harga pangan yang cenderung melonjak setiap memasuki Ramadan dan menjelang Idul Fitri," katanya.

Sejumlah diistributor pangan seperti Wings Food dan Indofood turut berpartisipasi pada  kegiatan OPM Ramadan, demikian juga instansi pemerintah seperti Dinas Perikanan, Peternakan dan Pertanian dengan menjual berbagai produk olahan.

"Pelaksanaan OPM juga didukung TP PKK, Bank Kalsel, Pertamina dan Bulog Cabang Barabai," kata Isnaini.

Kegiatan pasar murah juga dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara ke-70 tahun 2022.

Pada OPM Ramadan di Desa Banyu Tajun Hilir Kecamatan Sungai Pandan, Rabu (13/4) di jual barang kebutuhan memasak seperti minyak goreng merk Alif seharga Rp22.000 per liter,  gula Rp12.500 per kg, telur 10 biji seharga Rp15.000, daging Rp80.000 per kg, nugget, sosis dan pentol masing- masing Rp20.000 per sachet, bawang merah Rp7.000, bawang putih Rp6.500 dan kacang Rp7.500.

Warga, khususnya kaum ibu, antusias dan berbondong-bondong menyambut kegiatan OPM yang dilaksanakan di lokasi Pasar Desa Banyu Tajun Hilir. Warga umumnya menyerbu stand bawang merah, gula pasir dan minyak goreng.

Baca juga: Pemkab HSU tingkatkan indikator KLA seluruh SKPD
Baca juga: Proyek Eks-PNPM disiapkan jadi Bumdesma

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022