PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal (IT) Banjarmasin  meraih predikat Proper Hijau tahun 2021 dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena dinilai patuh pada pengelolaan lingkungan hidup dan pengembangan masyarakat.

Sertifikat Proper Hijau untuk IT Banjarmasin diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali mewakili Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor kepada perwakilan PT Pertamina Banjarmasin Ihsan Sanjaya dalam acara Partnership Pogram dan Apresiasi Proper di Hotel Novotel Banjarbaru, Kalimantan Selatan (31/3) lalu.

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah menjelaskan, sebanyak empat program prioritas dalam upaya percepatan pembangunan berwawasan lingkungan hidup Kalsel. 

Keempat prioritas itu, sebut dia, adalah,  Sungai Martapura Asri, Program Kampung Iklim, Program Desa Sesangga Banua, Program Merdeka Sampah.

“Semua program mengusung konsep berwawasan lingkungan hidup,”ujar Hanifah.

Dijelaskan dia, Patnership Program dan Apresiasi Proper sejatinya bagian dari empat program besar tersebut.

Dia berharap,  pada kegiatan tersebut daat melakukan penjaringan komitmen terhadap pelaku usaha.

“Tidak hanya pertambangan dan perkebunan kelapa sawit. Namun, perusahaan lainnya seperti BUMN dan BUMD, perbankan, perhotelan dan perdagangan juga melakukan,”harap dia.

Sementara, Manager IT Banjarmasin Titon Sri Hardian mengatakan, IT Banjarmasin senantiasa menjaga lingkungan dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan.

Terpisah, Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria mengungkapkan, raihan prestasi tersebut tentunya tidak lepas dari peran serta pemerintah setempat dan masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan motivasi tambahan untuk kami dalam menjaga lingkungan serta memberdayakan masyarakat khsusnya wilayah ring 1 Pertamina,” ujarnya.

Penghargaan Proper Hijau  telah didapatkan  IT Banjarmasin sejak tahun 2018 sampai 2021.

Peringkat hijau tersebut menandakan perusahaan telah mencapai beyond compliance, di mana perusahaan tidak hanya taat dalam pemenuhan regulasi lingkungan, namun juga memberi nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi dan pengembangan masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah dan berberaps perwakilan perusahaan di Kalimantan Selatan seperti pertambangan, perkebunan, perbankan, BUMN hingga BUMD.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022