Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Balangan tahun 2023 mengutamakan peningkatan infrastruktur, sumber daya manusia dan potensi daerah untuk memajukan perekonomian berkelanjutan.

"Kita juga harus pandai memilah mana yang merupakan proyek strategis, baik dalam arti kemajuan daerah maupun dalam arti politis, yaitu proyek yang menjadi tulang punggung terwujudnya visi-misi kami," kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Rabu.

Selain itu ucapnya, dengan asumsi Pemilu serentak tidak diundur dan tetap dilaksanakan tahun 2024, artinya pada tahun 2024 pihaknya tidak ada waktu lagi untuk mengejar target-target yang sudah ia janjikan kepada masyarakat Balangan.

Abdul Hadi juga menekankan kepada setiap SKPD, jangan hanya membuat perencanaan tetapi harus dipastikan ada eksekusinya. Terutama untuk proyek strategis yang akan membawa dampak besar bagi kemajuan daerah.

"Dengan kata lain visi-misi kami harus tuntas tercapai pada tahun 2023 nanti, jadi buatlah perencanaan yang matang, komprehensif dan pastikan itu dapat dilaksanakan," tegasnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda Kabupaten Balangan Rakhmadi Yusni, mengungkapkan bahwa Musrenbang ini memadukan dan mensinkronasikan program dari bottom-up sampai top-down.

"Jadi tidak bicara soal jumlah usulan lagi, karena semua usulan yang masuk sekitar 1446 ditambah dengan pokok pikiran DPRD sekitar 900 lebih," ungkap Rakhmadi.

Terakhir ia berharap, sesuai dengan harapan kepala daerah karena Musrenbang ini menterjemahkan RPJMD yaitu visi-misi kepala daerah, tentunya harus terwujud sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022