Kafilah Provinsi Kalimantan Selatan bertengger di peringkat ke-2 Juara Umum Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI tingkat Nasional yang di gelar di Palembang, Sumatera Selatan 24--27 Maret 2022.

Gelar FASI XI Nasional 2022 ditutup secara resmi Menteri BUMN Erick Thohir di Main Dinning Hall Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Minggu.

Selain ada Erick Thohir terdapat pula Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan seluruh Ketua DPW Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-Indonesia yang turut hadir mendampingi.

"Alhamdulillah kita juara 2 di FASI ke sebelas tahun ini, meski demikian, tradisi juara pertama yang kerap ditorehkan oleh anak-anak kita di FASI untuk cabang utama lomba Tilawah, Tartil dan Tahfidz Al quran, kita selalu mendominasi dan mampu mempertahankan tradisi  juara bertahan," ungkap Ketua Harian DPW BKPRMI Kalsel Ust. Fahrurazi dalam rilis berita yang diterima, Minggu.

Menurut dia, Kafilah Kalsel yang menjadi peringatan pertama juara umum bertahan harus legowo diganti Kafilah Jawa Barat pada FASI XI Nasional 2022 ini.

"Kita tetap bangga dengan santri-santriwati kita yang sudah berjuang dengan baik dan menorehkan prestasi," ujarnya.

Fahrurazi pun menyampaikan, keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor, Dinas Pemuda Olahraga, beserta Ketua Umum dan jajaran BKPRMI Kalsel dan seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

"Kita akan evaluasi cabang-cabang yang lain, di mana titik-titik lemah pembinaan kita, dan kami nanti mohon arahan dan koreksi dari kawan-kawan DPD," ujar Fahrurazi. 

Selain mendapatkan trofi dan uang pembinaan, bagi peserta FASI XI yang meraih juara 1 di masing-masing lomba dan kategori, mendapatkan hadiah umrah dari DPP BKPRMI. 

Adapun urutan peringkat 10 Besar FASI XI Nasional tahun 2022 ini, pertama Jawa Barat (44 poin), kedua Kalimantan Selatan (40), Sulawesi Selatan (31), Sumatra Selatan (30), Aceh (27), Jawa Timur (25), Kalimantan Timur (22), Nusa Tenggara Barat (13), Kalimantan Tengah (13), dan Kalimantan Barat (10).

Di FASI XI tahun 2022 ini, Kalsel menurunkan sebanyak 41 peserta yang mengikuti 19 jenis lomba dengan 34 kategori kejuaraan pada jenjang Taman Kanak-kanak Alquran (TKA), Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan santri Ta'limul Quran Lil Aulad (TQA).

FASI merupakan pergelaran lomba kreativitas santri berprestasi, baik TKA, TPA dan dan TQA.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022