Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Keindahan dan kekayaan alam wilayah Kecamatan Pagat, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, sedang dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata alam Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Hulu Sungi Tengah (HST) Fahriah di Barabai Jumat mengatakan, kini pemerintah sedang melakukan berbagai persiapan untuk mendukung dan mengembangkan daerah Pagat sebagai wisata andalan Kalsel.

"Kita telah melakukan sosialisasi sadar wisata dalam rangka meningkatkan sapta pesona lingkungan wisata, di Aula objek wisata Pagat Kecamatan Batu Benawa," katanya.

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) kecamatan Batu Benawa, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Barabai, Nanang Galuh HST, dan pecinta alam.

Sosialisasi tersebut, kata Fahriah, diharapkan akan membuka wawasan masyarakat, tentang rencana pengembangan wisata dengan menerapakan program sapta pesona lingkungan di objek wisata tersebut.

"Sapta Pesona itu terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan, sehingga tercipta lokasi ideal bagi seluruh wisatawan," katanya.

Selain itu, sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan di HST, pemerintah juga terus mengupayakan membangun mental masyarakat untuk lebih peduli dan sadar wisata melalui berbagai program yang telah ditetapkan.

Sadara wisata tersebut, kata dia, bukan hanya bersikap ramah dan selalu menjaga kebersiahan dan keindahan lokasi wisata, tetapi juga bisa kesadaran bagaimana cara mendapatkan nilai lebih untuk meningkatkan kesejahteraan hidup bersama dengan berkembangkan wisata tersebut.

"Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah," katanya.

Melalui Sapta Pesona, masyarakat diharapkan menciptakan suasana indah mempesona dimana saja dan kapan saja, khususnya di tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan.



Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015