Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, meraih penghargaan Program Keluarga Harapan (PKH) Award 2015 dari Kementerian Sosial.

Hal ini disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung, Kamis, kalau penghargaan PKH Award diberikan sebagai wujud apresiasi atas dukungan pemerintah daerah dalam program ini.

"Kita telah mengalokasikan dana APBD kabupaten dukung Program Keluarga Harapan di tiga kecamatan karena itu Kementerian Sosial memberikan penghargaan PKH Award," jelas Anang.

Program Keluarga Harapan di Tabalong sendiri baru dilaksanakan tahun ini yang bersumber dari dana APBN diberikan kepada tujuh kecamatan dan tiga kecamatan didanai melalui APBD kabupaten.

Masing-masing Kecamatan Pugaan, Banua Lawas, Kelua, Tanta, Tanjung, Jaro dan Muara Uya.

Termasuk tiga kecamatan tambahan yakni Murung Pudak, Bintang Ara dan Haruai.

Sebelumnya penetapan lokasi pengembangan kabupaten/kota sebagai pelaksana PKH dituangkan dalam SK Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial nomor 1/LJS/01/2015 tanggal 2 Januari 2015.

Peserta PKH wajib melakukan pemeriksaan bagi ibu hamil, pemberian asupan gizi dan imunisasi bagi balita serta kewajiban menyekolahkan anak ke sekolah dasar dan lanjutan.

Melalui Program Keluarga Harapan diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran rumah tangga mengingat jumlah keluarga miskin di Tabalong masih cukup banyak.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015