Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, berupaya menjaring pemilih pemula dengan melakukan sosialisasi melalui kesenian daerah seperti Madihin.


Komisioner KPU Hulu Sungai Tengah (HST) Ahmad Zulfadli di Barabai Rabu mengatakan, peran aktif pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2015 sangat penting, sebagai upaya regenerasi dan pembelajaran pelaksanaan demokrasi dalam pemilihan pemimpin daerah.

Sosialisasi tersebut, kata dia, sebagaimana dilakukan di beberapa sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten HST, yang digelar di SMKN 1 Barabai beberapa waktu lalu.

"Waktu itu, media sosialisasi yang kita gunakan adalah kesenian Madihin yang dibawakan oleh Jumairi bersama anaknya Sayuti," katanya.

Melalui media kesenian tersebut, kata dia, diharapkan para siswa tidak jenuh mendengarkan apa yang disampaikan, dan hasilnya hampir seluruh siswa berjanji akan terlibat dalam pemilihan kepala daerah.

Madihin adalah seni bertutur dengan menggunakan alat rebana untuk mengiringinya, kesenian ini sudah sangat akrab ditelinga masyrakat, selain itu Madihin juga dapat menjadi media penyampaian yang efektif terutama mempromosikan event Pemilukada HST pada 9 Desember 2015.

Salah seorang pelaku seni Madihin, Jumairi mengungkapkan, generasi muda sekarang ini tidak bisa diajak dengan hanya menggunakan media biasa, inisiatif KPU HST untuk mempromosikan Pemilukada HST 2015 lewat kesenian Madihin, diharapkan bisa meningkatkan antusias pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya.

Beberapa siswa mengaku, sangat senang mengikuti sosialisasi tersebut, karena akan mendapatkan kesempatan untuk bisa memilih kepala daerah.

Ningrum siswa jurusan ekonomi SMKN 1 Brabai mengungkapkan sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi Pemilukada HST yang diadakan KPU HST disekolahnya tersebut.

"Ini adalah kesempatan pertama saya untuk bisa memanfaatkan hak pilihnya, dan saya akan ikut mencoblos," katanya.

Beberapa materi menyangkut pemilu juga disampaikan dalam sosialisasi pemilu kali ini antara lain, pentingnya Pemilu, penyelenggara Pemilu, tahapan Pemilu dan peserta Pemilu, pemutakhiran data Pemilih.

Selain itu, juga menjadi pemilih Cerdas, serta pembagian Pamflet visi dan misi ketiga pasangan calon Bupati HST dan Wakil Bupati HST agar pemilih pemula yang merupakan siswa sekolah dapat mengenal calon pemimpin di Bumi Murakata.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015