Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pameran kuliner tradisional dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Selatan memeriahkan Pekan Budaya Tabalong, 13 Nopember sampai 5 Desember 2015, yang dibuka Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Anang di Tabalong, Jumat, mengatakan Pekan Budaya Daerah ini untuk pertama kali digelar di Kabupaten Tabalong dengan melibatkan sejumlah paguyuban, kelompok sadar wisata, dan sanggar seni.

"Saya berharap Pekan Budaya Daerah bisa menjadi agenda tahunan di Kabupaten Tabalong karena ini bisa menyatukan masyarakat di Bumi Saraba Kawa ini yang heterogen," jelas Anang.

Anang berharap Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabalong bisa lebih mempromosikan kegiatan budaya ini agar bisa lebih meriah sehingga bisa mengangkat budaya-budaya lokal yang saat ini mulai dilupakan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Zain Ramali mengatakan pekan budaya daerah sebagai rangkaian memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-50 bisa memotivasi sekaligus mengembangkan nilai budaya.

"Selain itu melalui pekan budaya ini sebagai upaya kita untuk memperat silaturahmi dan mengembangkan nilai-nilai budaya daerah," jelas Zain.

Dalam pembukaan Pekan Budaya Daerah Tabalong 2015 juga dihadiri perwakilan Kementerian Pariwisata dari Divisi Promosi Evi Syaifuddin serta Wakil Bupati Tabalong DR Zony Alfianoor, Ketua Dewan Darwin Awi, Sekretaris Daerah Abdul Muthalib Sangaji serta perwakilan perusahaan.

Kepada Antara, Evi Syaifuddin mengatakan Pekan Budaya Daerah yang digelar di Tabalong ini cukup meriah karena melibatkan berbagai suku dan lapisan masyarakat.

"Kegiatan ini seperti ini akan kita dukung dengan harapan bisa menjadi even tahunan sebagai upaya dalam pengembangan sektor pariwisata termasuk kebudayaan daerah," jelas Evi.

Dalam Pekan Budaya Daerah Tabalong ini disajikan berbagai atraksi permainan tradisional, pawai budaya hingga lomba menyanyi lagu daerah Banjar.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015