Batulicin,  (AntaranewsKalsel) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membagikan air bersih kepada warga kecamatan Simpang Empat, Batulicin dan Karang Bintang secara gratis.


"Pembagian air tersebut ditujukan kepada para pelanggan PDAM di wilayah kecamatan tersebut yang mana jalur instalasi PDAM sedang dilakukan perbaikan," kata Direktur PDAM Tanah Bumbu Sobari, melalui Kepala Bagian Teknis Adriansyah, di Batulicin, Senin.

Ia mengatakan, selain membagikan kepada pelanggan pihak PDAM juga membagikan kepada warga yang belum berlangganan.

"Masyrakat yang ingin menerima pembagian air maka mereka tinggal menyediakan drum yang diletakkan di depan rumah masing-masing, agar para petugas yang membagikan air bersih bisa langsung mengisi drum kosong yang sudah di sediakan warga," katanya.

Pembagian air bersih tersebut dalam satu harinya untuk satu kepala keluarga mendapatkan jatah 200 hingg 400 liter.

Sementara itu, Instalasi Pengolah Air (IPA) jalur Kodeco yang menghubungkan kepada Sebagian pelanggan yang berada di Kecamatan Simpang Empat akan di relokasikan ke IPA jalur Sarigadung.

"Kami lakukan rolokasi tersebut karena waduk Kodeco yang besifat tadah hujan mengalami pengeringan disaat musum kemarau, sehingga debit air yang digunakan tidak mencukupi sampai datangnya musim penghujan," katanya.

Untuk menyuplai pelanggan yang mengalami perbaikan pihak PDAM juga sudah menyiapkan dua unit mobil tangki dengan ukuran 5.000 liter yang akan membagikan air bersih kepada warga dan pelanggan pdam selama perbaikan istalasi air rampung.

"Sementara itu jumlah pelanggan pdam yang menggunakan jalur IPA Kodeco saat ini mencapai 3.000 pelanggan, yang mana semua pelanggan tersebut jalur ipa Kodeco akan kami relokasikan ke jalur ipa Sarigadung agar saat musim kemarau mereka tetap terlayani," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015