Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat Kalstar Aviation berencana membuka rute penerbangan Kotabaru-Makassar, di Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.


Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kotabaru, Haryanto, di Kotabaru, Jumat mengatakan, manajemen Kalstar berencana membuka penerbangan Kotabaru- Makassar pulang pergi (PP).

"Saat ini manajemen Kalstar tengah mengurus izin dari Kementerian Perhubungan dan di bandara-bandara yang akan disinggahi," ujarnya.

Rencananya, lanjut dia, penerbangan rute baru tersebut akan dimulai 18 November, dengan jadwal penerbangan dari Makassar sekitar pukul 11.50 Wita dan dari Kotabaru sekitar pukul 13.35 Wita.

Dikatakan, pesawat yang akan dioperasikan untuk melayani penumpang dari Kotabaru maupun dari Makassar, adalah Kalstar Aviation jenis ATR 72 dengan kapasitas 72 tempat duduk.

Dengan beroperasinya Kalstar Aviation, maka penerbangan rute Kotabaru-Makassar (PP) akan menjadi dua kali penerbangan, penerbangan yang dilayani pesawat Wings Air pada sore hari dan penerbangan yang dilayani Kalstar pada siang hari.

Menurut Hariyanto, salah satu pertimbangan ditambahnya penerbangan rute Kotabaru-Makssar (PP) karena setiap penerbangan ke daerah tersebut sudah memenuhi standar minimal penumpang yakni minimal 80 persen kursi terisi.

Sementara untuk penerbangan Kotabaru-Surabaya hingga saat ini masih belum dibuka kembali, setelah tiga bulan lalu dihentikan.

"Persoalannya, jumlah penumpang tujuan Surabaya atau sebaliknya masih kurang dari standar minimal, sehingga maskapai menghentikan penerbangan rute Kotabaru-Surabaya dihentikan hingga belum ditentukan kapan dibuka kembali," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015