Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banjarbaru Windi Novianto mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui maksimalisasi pajak dan retribusi daerah sehingga bisa mencapai target. 

"Kami mendorong pemerintah kota meningkatkan PAD melalui pajak dan retribusi daerah yang potensinya masih belum digarap maksimal agar realisasi akhir tahun bisa mencapai target," ujarnya di Banjarbaru, Ahad. 

Menurut Wakil Ketua Komisi II bidang keuangan itu, pihaknya mengapresiasi realisasi penerimaan PAD tahun 2021 sebesar Rp319 miliar atau melampaui penerimaan PAD tahun sebelumnya sebesar Rp245 miliar. 

Diharapkan, penerimaan PAD tahun 2022 juga mampu mencapai target bahkan melampaui meski pun masih dibayangi pandemi COVID-19 yang kemungkinan mempengaruhi sektor pajak dan retribusi daerah. 

"Namun kami yakin pemkot melalui dinas dan instansi terkait bekerja maksimal sehingga mencapai target seperti penerimaan tahun lalu yang juga dibayangi pandemi COVID-19," ucap politisi muda PDIP tersebut. 

Dikatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan pemkot guna meningkatkan pendapatan daerah melalui aplikasi pajak daerah maupun mobil keliling yang melayani masyarakat di tengah lingkungannya. 

"Kemudahan membayar pajak melalui aplikasi yang disiapkan dan layanan mobil keliling membuat masyarakat semangat memenuhi kewajibannya sehingga berdampak pada naiknya penerimaan daerah," katanya. 



 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022