Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banjarbaru Hindera Wahyudin mendukung pembentukan armada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di wilayah Kecamatan Cempaka untuk mempercepat penanganan kebakaran.

"Kami sangat mendukung rencana Wali Kota H M Aditya Mufti Ariffin membentuk armada BPK di wilayah Kecamatan Cempaka sehingga bisa mempercepat penanganan jika terjadi kebakaran," ujarnya, Sabtu. 

Pernyataan wakil rakyat dari daerah pemilihan Cempaka itu mengingat cukup banyaknya terjadi kebakaran di wilayah sebelah Selatan Banjarbaru itu sehingga membuat rumah tinggal warga musnah dilalap api. 

Menurut Hindera, kebakaran yang terjadi di wilayah Cempaka cenderung meluas karena padatnya permukiman warga ditambah material bangunan dari kayu sehingga kobaran api cepat membesar dan melalap bangunan. 

"Makanya, kami mendukung langkah wali kota membentuk armada BPK sehingga jika terjadi kebakaran bisa secepatnya ditangani dan kobaran api tidak meluas dan menghanguskan banyak rumah," ungkapnya. 

Dikatakan, masyarakat di wilayah Cempaka sendiri secara swadaya membentuk BPK dan sudah ada 3 armada BPK yang beroperasi yakni BPK Trisakti Cempaka, BPK RAST Sie Tiung, dan BPK Al Bidayah. 

Diharapkan, keberadaan BPK swadaya itu mendapat perhatian dari Pemkot Banjarbaru melalui BPBD yang bisa membantu pengadaan mobil seperti Tossa maupun peralatan portabel lain sehingga bisa digunakan maksimal. 

"Bantuan yang diminta kendaraan kecil seperti Tossa dan mesin tembak air portabel yang bisa digunakan untuk masuk ke lokasi atau titik kebakaran yang tidak bisa dijangkau armada berukuran besar," ucapnya. 

Ditambahkan politisi Partai Gerinda itu, selain bantuan peralatan, BPBD juga diharapkan bisa melatih warga yang menjadi sukarelawan di BPK sehingga mereka memiliki keahlian dalam menangani kebakaran. 

Diketahui, Kecamatan Cempaka cukup sering dilanda kebakaran di kawasan permukiman padat sehingga membuat kobaran api cepat membesar hingga menghanguskan beberapa rumah pada area yang terbakar. 

Tahun 2021 lalu terjadi 2 kebakaran dan terakhir Rabu (02/02) malam kebakaran menghanguskan rumah di Simpang Ujung Murung Kelurahan Sungai Tiung, Cempaka yang dihuni enam kepala keluarga (KK).

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin saat mengunjungi lokasi, satu hari setelahnya, merencanakan untuk menambah armada yang ditempatkan di Kecamatan Cempaka dengan tujuan mempercepat penanganan kebakaran.



 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022