Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan izin penerbangan maskapai Kalstar Aviation rute Kabupaten Tabalong-Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sehingga bandar udara di `Bumi Saraba Kawa` ini segera dapat dioperasikan.

Kepala UPT Bandar Udara Warukin, Ady Fajar, di Tanjung, Jumat, mengatakan, saat ini tinggal menunggu kesiapan pihak maskapai penerbangan untuk mengoperasikan bandar udara satu-satunya di Banua Lima ini.

"Izin rute penerbangan untuk Kalstar Aviation dari Kementerian Perhubungan sudah keluar dengan tujuan Tanjung-Banjarmasin, selanjutnya tinggal menunggu kesiapan maskapai untuk bisa mengaktifkan bandara Warukin," jelas Ady.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tabalong menargetkan September 2015 bandar udara Warukin dapat dioperasikan dengan rute penerbangan Tanjung-Banjarmasin dan Tanjung-Balikpapan namun terkendala izin rute dari Kementerian Perhubungan.

Sedangkan fasilitas bandara seperti X-Ray Bagasi dan alat pendeteksi orang dan barang Walk Through Metal Detector (WTMD) sudah disiapkan termasuk kegiatan penambalan landasan pacu.

Menurut Ady, Bandara Warikin dengan landasan pacu sepanjang 1.400 meter sudah siap digunakan untuk operasional pesawat ATR 42 hingga ATR 72.

Dengan adanya rute penerbangan baru dari Kalstar Aviation ini nanti akan menjadi titik awal Bandara Warukin sebagai bandara umum.

"Kegiatan penambalan landasan pacu sudah dilakukan oleh PT Adaro Indonesia termasuk perbaikan pagar dan jalan samping ke Desa Rintis oleh PT Pertamina," katanya.

Bandara Warukin sendiri sebelumnya berstatus sebagai bandara khusus dikelola oleh PT Adaro Indonesia selaku operator, namun sejak Desember 2014 bersamaan Hari Jadi ke-49 Kabupaten Tabalong, berubah menjadi bandara umum yang dikelola pemerintah kabupaten.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015