Dolar dan euro melemah pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), setelah Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde menenangkan ekspektasi pasar akan kenaikan suku bunga yang mendorong imbal hasil obligasi regional di Eropa ke level tertinggi multi-tahun.

Tidak perlu pengetatan kebijakan moneter besar-besaran di zona euro karena inflasi akan menurun dan bisa stabil di sekitar target ECB sebesar 2,0 persen, Lagarde mengatakan pada sidang Parlemen Eropa.

Pekan lalu ECB membuka pintu untuk kenaikan suku bunga pada 2022 karena risiko inflasi meningkat, sementara data yang menunjukkan lompatan tak terduga dalam pekerjaan AS yang diciptakan pada Januari juga meningkatkan spekulasi jadwal yang lebih cepat bagi Federal Reserve (Fed) untuk menaikkan suku bunga.

Ekspektasi suku bunga baru untuk Fed dan ECB mengadu dolar dan euro terhadap satu sama lain yang akan lebih unggul. Data harga konsumen AS yang akan dirilis pada Kamis (10/2/2022) siap menjadi penentu titik data utama.

"Euro-dolar akan berada dalam semacam tarik ulur antara dua kekuatan ini, tetapi pada akhirnya dengan IHK di AS, kita mungkin akan mengalami sedikit lebih banyak pemulihan dolar," kata Direktur Pelaksana Manajemen Aset BK, Kathy Lien.

Baca juga: Dolar AS naik setelah kinerja lapangan kerja naik

Sebuah jajak pendapat Reuters dari para ekonom menunjukkan bahwa mereka memperkirakan IHK tahun-ke-tahun telah naik menjadi 7,3 persen pada Januari.

Mata uang utama diperdagangkan dalam kisaran ketat dekat titik impas. Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya melemah 0,045 persen, dengan euro turun 0,03 persen menjadi 1,1443 dolar AS.

ECB pekan lalu mengarahkan bola ke arah positif untuk euro, kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions.

"Sekarang fokus telah bergeser ke inflasi AS, yang akan digunakan pasar untuk mengetahui apakah Fed naik 25 basis poin atau 50 basis poin bulan depan," tambah Manimbo.

Pasar sekarang telah memperkirakan peluang satu-dalam-tiga The Fed mungkin akan menaikkan sebesar 50 basis poin penuh pada bulan Maret, dan tingkat peluang yang wajar akan mencapai 1,5 persen pada akhir tahun. 

Mata uang bersama Eropa mencapai level tertinggi sejak pertengahan Januari pada Jumat (4/2/2022), didorong oleh sikap hawkish dari ECB.

Tidak semua orang yakin dengan kemiringan ECB yang hawkish.

Baca juga: Dolar AS menghadapi minggu cerah, saat ekspektasi kenaikan suku bunga

"Kami tidak percaya ECB bersiap untuk percepatan pengetatan yang tiba-tiba. Kami masih melihat The Fed berada di jalur untuk bergerak jauh di depan ECB, memberikan dukungan untuk dolar," kata Kepala Investasi UBS Global Wealth Management, Mark Haefele.

Haefele mengatakan dia memperkirakan euro akan jatuh ke 1,10 dolar AS pada akhir tahun dan dolar menguat versus franc Swiss untuk menyelesaikan tahun ini pada 0,98 franc per dolar, dari 0,92 saat ini.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang biasanya bergerak sesuai dengan ekspektasi suku bunga, turun 2,4 basis poin menjadi 1,298 persen. Imbal hasil obligasi Jerman dua tahun turun 3,5 basis poin menjadi -0,29 persen, setelah mencapai level tertinggi sejak September 2015 di -0,21 persen.

Yen Jepang menguat 0,13 persen terhadap greenback di 115,06 per dolar, sementara sterling terakhir diperdagangkan di 1,3536 dolar, naik 0,05 persen hari ini.

Bitcoin naik ke level tertinggi empat minggu, sebagian didorong oleh likuidasi beberapa posisi beli yang telah terakumulasi dalam tren turun tiga bulan baru-baru ini. Mata uang kripto tersebut naik 8,94 persen menjadi 44.279,81 dolar AS, setelah melonjak 11 persen pada Jumat (4/2/2022).
 

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022