Manajemen industri semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk ("Indocement") Plant Tarjun, Kotabaru, menggelar lomba Emergency Response, dalam rangka memeriahkan peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

SHECSR Department Head, H. Teguh Iman Basoeki, melalui Safety Officer Indocement Plant Tarjun, Sudirman Noor, mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan budaya K3 bagi semua karyawan

"Kegiatan ini berhubungan langsung dengan aktifitas kerja karyawan sekaligus untuk melatih kesiapan karyawan dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja dan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat khususnya pada ruang terbatas dan ketinggian," ujarnya, melalui siaran pers.

Dijelaskan, kegiatan ini juga melibatkan karyawan dan kontraktor rekanan beberapa Department yang saat ini masih aktif bekerja di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tarjun, dengan tetap menjalankan protokol Covid-19.

Kegiatan ini juga menjadi parameter tolak ukur manajemen Indocement dalam melihat kesiapan dan keterampilan karyawan dalam rangka menghadapi kondisi darurat di ruang terbatas dan ketinggian, guna mencegah terjadinya kerugian terhadap sumber daya dan peralatan.

Selain Emergency Response dalam rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 ini juga dilaksanakan dengan beragam kegiatan tentang K3, jelas Sudirman.

“Dalam rangkaian program ini, kami juga bekerjasama dengan Polres kotabaru memberikan pelatihan Safety Riding Kepada Siswa SMK Mitra Indocement,” tambahnya.
 
Program itu merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif perusahaan dan langkah nyata Indocement dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3, ungkapnya.

Dalam Peringatan Bulan K3 Nasional ini juga menjadi momen bagi setiap perusahaan untuk meningkatkan budaya dan kesadaran akan K3 kepada semua pekerja, melekat dan tertanam di jiwa para pekerja, risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK) dapat dihindari sehingga dapat mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan sehat menuju Indocement yang gemilang, tuturnya.

Diharapkan dengan digelarnya kegiatan K3 kepada seluruh karyawan, rekanan, mitra kerja, hingga masyarakat sekitar bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam menghadapi keadaan darurat, tutupnya.

Pewarta: ihi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022