Puluhan siswa-siswi SMAN 1 Paringin mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk mempelajari tupoksi legislatif.

Guru pembimbing kegiatan, Khairunnisa mengungkapkan tujuan dari kunjungan ke gedung DPRD Balangan ini untuk memperkenalkan kepada anak didik bagaimana tugas pokok dan fungsi legislatif.

“Ini merupakan bagian dari materi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X. Diharapkan anak didik memahami tupoksi legislatif bukan hanya dari teori,” ujar Khairunnisa di Paringin, Jumat.

Menghindari terjadinya kerumunan, kata dia, kunjungan ke DPRD Balangan ini dibagi menjadi tiga kelompok dan bergantian selama tiga hari. Kelompok pertama yang berkunjung ini ada 50 orang. Total ada 190 pelajar kelas X, yang akan melakukan kegiatan serupa.

Sementara itu, pegawai sekretariat DPRD Balangan Hendra Surya Gunawan, menyatakan tidak ada satu pun anggota legislatif yang menyambut secara langsung para siswa, lantaran hampir semuanya sedang ada kegiatan di luar daerah.

“Tugas dan fungsi utama anggota DPRD itu ada tiga, yaitu budgeting, controling dan legislasi. Sehingga dewan berhak mempertanyakan dan tidak menyetujui sebuah keputusan pemerintah jika tidak sesuai aturan atau merugikan masyarakat," jelasnya.

Terakhir, pihak Sekretariat DPRD Balangan sangat mengapresiasi inisiatif dari guru yang mengajak para pelajar langsung berkunjung ke gedung DPRD Balangan. Dia berharap dari ratusan siswa-siswi ini nantinya termotivasi untuk menjadi generasi penerus anggota dewan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022