Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Dr Muhammad Akbar berharap Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Kalimantan Timur bisa mendorong pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) perguruan tinggi swasta (PTS) di provinsi tersebut.

Hal itu disampaikan Dr M Akbar usai menghadiri pelantikan Dr M Lukman ST MT sebagai Ketua APTISI Kaltim periode 2021-2025 oleh Ketua APTISI Pusat, Prof Dr Budi Djatmiko MSi MEI.

Menurut Dr Akbar, keberadaan APTISI memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong kemajuan PTS di wilayah Kalimantan Timur, terutama di Balikpapan maupun Samarinda.

APTISI, kata dia, memiliki peranan strategis untuk meningkatkan sinergi antara PTS satu dan lainnya, dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas mendukung persiapan pelaksanaan pembangunan ibu kota negara baru (IKN).

Selain itu, kata dia, APTISI juga berperan mensinergikan antara PTS, pemerintah provinsi maupun dengan swasta dalam rangka mendukung program MBKM.

"Peran PTS di Balikpapan maupun Kaltim sangat diperlukan untuk mengisi SDM untuk mendukung berbagai aktivitas pemerintahan dan menyiapkan IKN," katanya.

Akbar berharap, melalui APTISI, seluruh PTS segera memanfaatkan sinergisitas yang baik dengan seluruh pihak terkait yang ada Indonesia Timur, terutama sektor industri dan dunia kerja, untuk menyukseskan program Kemendibukbudristek MBKM.

"Saya harap, PTS maupun PTN segera menyiapkan kurikulum yang mampu menunjang kebutuhan SDM bagi industri. Apalagi di Kaltim banyak terdapat industri sekala nasional maupun internasional," katanya.

Keberadaan industri besar di Kaltim, menjadi kesempatan emas untuk menjadi mitra PTS dalam menyukseskan program MBKM dan mendorong mahasiswa untuk bisa membuka lapangan kerja bukan mencari kerja.

 
Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Dr M Akbar menghadiri pelantikan APTISI. (ANTARA/HO/Humas LLDIKTI Wilayah XI)
Pada kesempatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah XI juga menyampaikan selamat atas dilantiknya Dr M Lukman ST MT sebagai Ketua APTISI Kaltim periode 2021-2025 di Aula Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, pada Kamis (27/2/2022) 

Pada pelantikan yang disaksikan oleh Kadisdikbud Kaltim, Anwar Sanusi  tersebut, juga dirangkai dengan Rapat Pleno Wilayah Pengurus (RPWP) ke-I.

Selain itu, kegiatan juga dirangkai dengan seminar berjudul “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” oleh Dr Muhammad Akbar dengan tema “Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta Menuju SDM Unggul, Inovatif dan Berdaya Saing untuk Menyongsong Kaltim sebagai IKN,”.

Ketua APTISI Kaltim Dr M Lukman ST MT mengatakan, anggota APTISI Kaltim yang terdaftar sekitar 40 atau 75 persen dari perwakilan kampus yang ada. 

"Ke depan kita akan lebih kompak lagi untuk sinergi berbagai program. Karena kedepan tantangan kita akan makin berat dalam mencetak SDM yang berdaya saing menyongsong IKN,” jelas Lukman 

 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022