Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan merilis daftar tunggu atau antrian berangkat haji hingga 24 Januari 2022 ini mencapai 131 ribu orang dengan masa tunggu keberangkatan haji selama 36 tahun.

"Meski masa pandemi COVID-19, hingga dua tahun ini tidak ada keberangkatan haji, tapi masyarakat tetap banyak yang mendaftar keberangkatan haji hingga jumlahnya makin banyak itu," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, hingga tanggal 24 Januari 2022 sampai pukul 11.26 WITA  yang terdata di Kanwil Kemenag Kalsel untuk jumlah pendaftar calon jamaah haji totalnya sudah sebanyak 131.667 orang, jika dibagi kuota keberangkatan haji Kalsel sebanyak 3.818 orang, hingga masa tunggu berangkat selama 36 tahun.

"Banyak yang daftar, tidak sedikit juga yang membatalkan, jadi lamanya antrian tidak mutlak juga selama itu," ucap Rusbandi.

Dipaparkan dia, dengan tidak berangkatnya selama dua tahun ini untuk berhaji, karena pandemi COVID-19, tidak sedikit jamaah dari kabupaten/kota yang keluar dari daftar antrian, yakni, mengambil kembali biaya daftar haji.

"Tahun ini penyelenggaraan ibadah haji juga belum jelas betul, kita di daerah masih menunggu keputusan pusat," ucap Rusbandi.

Namun tentunya, ungkap dia, mitigasi untuk keberangkatan haji tahun 2022 ini sudah dilakukan Kemenag, yakni, tiga langkah yang disiapkan.

Pertama itu, jika bisa diberangkatkan dengan kuota penuh, di Kalsel seperti biasa sebanyak 3.818 orang. Kedua jika kouta terbatas akan diutamakan kepada calon jamaah mana saja. Ketiga jika dibatalkan.

"Kalau dibatalkan kan seperti tahun kemarin juga pengumumannya," tutur Rusbandi.

Menurut dia, utama keberangkatan haji tentunya sesuai hitungan giliran antrian, khususnya yang tertunda pada keberangkatan tahun 2020 lalu.

Dia pun berharap para calon jamaah haji tetap sabar menghadapi kondisi karena pandemi COVID-19 ini, hingga keberangkatan memenuhi undangan Allah SWT ke tanah suci harus tertunda waktunya.

"Jika kondisi sudah kembali normal, tentunya keberangkatan akan kembali lancar seperti biasa," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022